Iklan dempo dalam berita

Waspada, Marak Penipuan Via WhatsApp dengan Mengirimkan Undangan Pernikahan

Waspada, Marak Penipuan Via WhatsApp dengan Mengirimkan Undangan Pernikahan

waspada penipuan undangan pernikahan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Masyarakat diminta waspada dengan maraknya penipuan via online. Terbaru yang sedang marak, undangan pernikahan melalui WhatsApp.

 

Undangan yang dikirim tidak menampilkan rincian undangan, tetapi mengarahkan pengguna ke satu aplikasi dengan format APK.

 

Jika diinstal, aplikasi tersebut akan mencuri informasi pribadi pengguna sehingga besar memungkinkan bisa membobol rekening pribadi atau m-banking korban.

BACA JUGA:Sudah Lama Wafat, Utsman Bin Affan Malah Semakin Kaya, Sekarang Punya Hotel 15 Lantai

 

Undangan pernikahan digital yang dikirim penipu via WhatsApp sebenarnya mengandung APK dari luar Play Store yang jika diinstal akan mencuri kredensial OTP dari perangkat korban.

 

Ketika APK Android berbahaya ini dijalankan, akan muncul beberapa peringatan seperti menginstal aplikasi dari luar Play Store sangat berbahaya dan tidak disarankan. Dan ketika peringatan ini diabaikan, masih muncul peringatan lain ketika memberikan akses SMS kepada aplikasi yang ingin diinstal, termasuk data dokumen dan foto perangkat kepada aplikasi berbahaya yang diinstal tersebut.

BACA JUGA:Petani Bahagia, Harga Kopi Tertinggi Ditingkat Rp37 Ribu Perkilogram

 

Namun, pengguna WhatsApp biasanya kurang memperhatikan peringatan ketika meng-instal aplikasi dan dengan mudah memberikan persetujuan tanpa membaca dengan teliti dan mengerti akibat dari persetujuan tersebut. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh penipu dengan aplikasi jahat ini untuk mencuri data.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: