Iklan RBTV Dalam Berita

Sifat Adil Umar Bin Khattab, Tolak Hadiah Gula dan Membela Yahudi Miskin

Sifat Adil Umar Bin Khattab, Tolak Hadiah Gula dan Membela Yahudi Miskin

Pemeran Umar Bin Khattab dalam suatu film --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Umat Islam sudah tahu sosok Umar Bin Khattab. Beliau adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW dan Khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar As-Siddiq.

 

Selama masa jabatannya, khalifah Umar amat disegani dan ditakuti negara-negara lain. Umar dikenal dari gaya hidupnya yang sederhana. Khalifah Umar meninggal pada 25 Dzulhijjah 23 H dan selanjutnya digantikan oleh Utsman bin Affan.

 

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah adil, penyayang, antusias, cerdas, teguh iman dan selalu sedia membela agamanya. Sifat-sifat tersebut tertanam mantap pada dirinya, tidak tersembunyi bagi orang yang memperhatikannya. 

BACA JUGA:Umar Bin Khattab, Pemimpin Kaya Raya Tidak Pernah Pamer Harta, Pendapatan Rp 2,8 T tapi Tidur Beralaskan Tikar

 

Selama menjadi pemimpin, berbagai masalah dan godaan yang dihadapi Umar. Salah satunya masalah korupsi, saat ada bawahannya yang mencoba memberikan sesuatu kepadanya.

 

Kisahnya, suatu malam utusan dari Azerbaijan datang ke kota Madinah untuk menjumpai Amirul Mukminin Umar bin Khattab. Namun, karena hari sudah larut malam, utusan tersebut memutuskan untuk tidur di Masjid Nabawi, agar keesokan harinya bisa segera menghadap Umar. 

 

Ketika hendak tidur, ia dikejutkan oleh suara tangisan di keheningan malam, memohon kepada Allah SWT. “Ya Tuhanku, aku sedang berdiri di depan pintu-Mu. Apakah Engkau menerima taubatku supaya aku bisa mengucap selamat kepada diriku, atau Engkau menolaknya supaya aku menyampaikan ungkapan duka cita kepada diriku.”

BACA JUGA:Sudah Lama Wafat, Utsman Bin Affan Malah Semakin Kaya, Sekarang Punya Hotel 15 Lantai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: