Iklan dempo dalam berita

Timbun Pahala Selama Bulan Muharram, Ini 12 Amalan untuk Bulan Pertama dalam Islam

Timbun Pahala Selama Bulan Muharram, Ini 12 Amalan untuk Bulan Pertama dalam Islam

12 amalan bagi umat Islam dalam bulan muharram--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Islam atau hijriah. Bulan pertama ini memiliki beberapa keistimewaan yang jika dikerjakan umat Islam akan mendatangkan pahala.

 

Keutamaan amalan sunnah bulan Muharram adalah untuk menyempurnakan ibadah sebagai muslim. Terdapat 12 amalan yang dapat dilaksanakan pada bulan ini.

 

Syekh Abdul Hamid menuangkan amalan-amalan bulan Muharram sesuai sunnah ke dalam sebuah nadham.

BACA JUGA:Tidak Boleh Dilanggar, Ini 5 Tradisi Pernikahan Orang Tionghoa

 

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

 

Artinya: "Ada sepuluh amalan di dalam bulan Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, sholatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit, dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surah Al-Ikhlas 1.000 kali."

 

Amalan sunnah di bulan ini mencakup perbuatan yang dilakukan sendiri maupun dilakukan secara sosial atau bersama-sama.

 

Amalan sunnah di bulan Muharram dalam dilakukan sejak memasuki 1 Muharram 1445 Hijriah. Berikut 12 amalan bulan Muharram yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: