Iklan dempo dalam berita

WASPADA, Gunung Dempo Erupsi, Warga Diminta Tidak Beraktivitas dalam Radius 1 Kilometer

WASPADA, Gunung Dempo Erupsi, Warga Diminta Tidak Beraktivitas dalam Radius 1 Kilometer

Waspada, Gunung Dempo erupsi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan terjadi erupsi Gunung Dempo yang berada di Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan pada hari Selasa (25/7) pukul 21:15 WIB. Dalam laporan tersebut dijelaskan letusan teramati sekitar 2 kilometer di atas puncak.

 

Berdasarkan keterangan PVMBG melalui twitter resminya, tinggi kolom letusan teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak (± 5173 m di atas permukaan laut). 

BACA JUGA:Walaupun Bukan Orang Kaya, Kehidupan 5 Tanggal Lahir Ini Tidak Pernah Kekurangan

 

“Terjadi erupsi Gunung Dempo pada hari Selasa, 25 Juli 2023, pukul 21:15 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 2000 m di atas puncak (± 5173 m di atas permukaan laut),” jelas Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Megian Nugraha. 

 

Megian juga merincikan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya.

 

Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dengan durasi 204 detik. “Masyarakat, pengunjung/wisatawan tidak mendekati dan bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah Marapi–Gunung Dempo dalam radius 1 km. Serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,” imbau Megian Nugraha.

BACA JUGA:Keyakinan Orang Tionghoa 5 Tanggal Lahir Berikut Pembawa Rezeki

 

Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Posisinya berada di 3195 mdpl. Gunung ini salah satu tujuan favorit bagi pendaki. Banyak pendaki yang ingin menjajal kontur dan track pendakian gunung yang termasuk ke dalam bagian dari deretan Pegunungan Bukit Barisan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: