Iklan dempo dalam berita

Peringati Hari Sungai Nasional, BWSS VII Susuri Sungai Bengkulu dan Kumpulkan 1,6 Ton Sampah

Peringati Hari Sungai Nasional, BWSS VII Susuri Sungai Bengkulu dan Kumpulkan 1,6 Ton Sampah

kegiatan bersih sungai dalam rangka hari sungai nasional--

BENGKULU, RBTVCAMKOH.COM - Memperingati hari sungai nasional, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) 7 Bengkulu, bersama seluruh stakeholder terkait dan komunitas bersih sungai, menyusuri dan bersih-bersih sungai Bengkulu. 

 

Pembersihan diawali dari tepi sungai di TPI lama hingga muara sungai sepanjang 2,1 kilometer, dengan menggunakan 8 perahu karet. 

 

Hasil dari pembersihan aliran sungai Bengkulu, terkumpul 1,6 ton sampah. Didominasi oleh sampah plastik dan rumah tangga. 

BACA JUGA:Banyak Keinginan, Ternyata 3 Tanggal Lahir Ini Jauh dari Uang

 

Usai giat susur dan bersih-bersih sungai, dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan peringatan hari sungai nasional di Jakarta melalui zoom meeting, yang diikuti Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, kepala OPD dan instansi terkait lainnya. 

 

Disampaikan Gubernur, aliran sungai Bengkulu masih perlu perhatian bersama. Baik dari sisi kebersihan maupun dari debit air sungai. Dengan adanya hari sungai diharapkan bisa membangkitkan tanggung jawab bersama dalam menjaga sungai Bengkulu.

 

“Peringati hari sungai nasional, lalu kita persiapkan untuk pertemuan forum air dunia yang ke 10 di Bali. Di Bengkulu kita masih punya problem bahwa sungai belum bersih, kemudian perubahan debit air yang sangat signifikan ketika musim hujan dan musim panas. Momen ini menjadi momen kepedulian untuk membangkitkan tanggung jawab bersama,” kata Rohidin Mersyah (28/7). 

 

Tak hanya susur sungai, ada juga kegiatan lomba mewarnai yang diikuti 50 pelajar SD. Lalu ada juga pameran produk, seperti tanaman hidroponik dan biopori, pipa yang bisa meningkatkan resapan air. Pipa berlubang ini ditanam dan bisa menghasilkan pupuk organik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: