Iklan dempo dalam berita

Agar Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Dzikir Berikut

Agar Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Dzikir Berikut

Dzikir dalam perjalanan agar dilindungi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dalam setiap kesempatan, umat Islam selalu dianjurkan untuk berdzikir.  

 

Bahkan ketika dalam perjalanan, umat Islam juga dianjutkan berdzikir, walaupun dalam perjalanan dengan kendaraan maupun dengan berjalan kaki.  

  

Terdapat dzikir atau bacaan yang bisa dijadikan sebagai amal ibadah saat Anda ada dalam perjalanan, sebagaimana dituliskan Imam An-Nawawi dalam kitab Al Adzkaar. 

BACA JUGA:Dzikir Berikut Bisa Menghapus Banyak Dosa, Kecuali Satu Dosa

  

Pertama, seorang Muslim yang sedang ada dalam perjalanan dapat mengucapkan asma-asma Allah SWT selama perjalanan. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. 

  

Dalam riwayat tersebut, "Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak sekali-kali suatu kaum duduk di suatu majelis tanpa menyebut asma Allah SWT padanya melainkan mereka akan memperoleh kekecewaan. Tidak sekali-kali seorang lelaki menempuh suatu jalan tanpa menyebut asma Allah SWT padanya, melainkan ia akan memperoleh kekecewaan." (HR Ibnu Sinni) 

  

Riwayat lain juga menunjukkan tentang bacaan dzikir yang bisa diucapkan saat seorang sedang dalam perjalanan. Riwayat ini dikeluarkan oleh Ibnu Sinni dan Imam Baihaqi dari jalur Abu Umamah Al Bahili. 

 

Dalam riwayat tersebut, dikisahkan mengenai Malaikat Jibril AS yang mendatangi Nabi Muhammad SAW ketika beliau SAW ada di Tabuk. Lalu Jibril berkata, "Wahai Muhammad, saksikanlah jenazah Muawiyah bin Muawiyah Al-Muzanil." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: