Iklan dempo dalam berita

BKSDA : Panjang Kerangka Tulang Diduga Paus Biru Capai 20 Meter

BKSDA : Panjang Kerangka Tulang Diduga Paus Biru Capai 20 Meter

RbtvCamkoha - Tim BKSDA Seksi Konservasi Wilayah II Bengkulu, Rabu siang (2/11) turun meninjau lokasi penemuan kerangka tulang hewan mamalia laut yang diduga paus biru.

Pengecekan penemuan kerangka tulang ini, didampingi Danposal Seluma Serma. Tamsil beserta 2 perangkat Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, yakni Hamdan dan Tarzan.

Setelah dicek titik koordinatnya oleh tim BKSDA, keberadaan lokasi penemuan kerangka tulang hewan mamalia laut yang diduga paus biru ini, masuk di wilayah Cagar Alam Pasar Ngalam Kecamatan Air Periukan.

Untuk ukuran kerangka tulang dari kepala hingga ekor, diperkirakan mencapai 20 meter, dengan perkiraan bobotnya mencapai 17 ton, sedangkan tinggi tulang punggungnya yang bervariasi antara 70 - 80 cm dan ukuran lebar bagian kepalanya 146 cm.

Untuk penyebab kematian mamalia laut yang dilindungi negara ini belum diketahui pasti. Menurut keterangan Kadus II Hamdan dan Kadus III Desa Pasar Seluma Tarzan, bangkai hewan mamalia laut berukuran raksasa ini, ditemukan sudah sebulan lalu di tengah laut oleh nelayan sekitar, dalam kondisi tubuh paus yang sudah tercabik-cabik, dan mengapung di perairan laut antara Desa Pasar Seluma dengan Desa Pasar Ngalam, sebelum akhirnya terdampar di tepi pantai.

\"Sekitar sebulan lalu ditemukan nelayan mas, kondisinya masih utuh mengapung di tengah laut, tapi sudah tercabik-cabik, besarnya ada sebesar truk fuso,\" ujar Hamdan.

Untuk saat ini, kerangka tulang mamalia laut yang diduga paus biru ini masih berserakan dan sebagian lagi masih tertimbun pasir akibat pasang laut.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: