Iklan dempo dalam berita

KTP Digital Diterapkan Bertahap, Diawali ASN Dukcapil Seluma

KTP Digital Diterapkan Bertahap, Diawali ASN Dukcapil Seluma

RbtvCamkoha - Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital di Kabupaten Seluma sudah mulai diterapkan secara bertahap. Namun, KTP digital ini belum dipergunakan untuk masyarakat umum lantaran masih menunggu petunjuk teknis dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Hal ini diungkapkan Kadis Dukcapil Seluma, Irzani ketika dikonfirmasi tim RBTV diruang kerjanya pada Rabu siang (9/11). Dikatakan Irzani, pegawai Dukcapil Seluma menjadi pelaku awal pengguna model identitas diri berbasis digital tersebut.

“KTP digital secara bertahap sudah mulai kita terapkan, tapi untuk sekarang dimulai dari pegawai Dukcapil kita dulu semuanya, dan menyusul nantinya para ASN di lingkungan Pemkab Seluma, kalau untuk masyarakat umum kita masih menunggu petunjuk dari pusat,\" ujar Irzani.

Lanjutnya, KTP digital dapat diakses dengan mengunduh aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital, akan tetapi ketersediaannya baru terdapat di laman Google PlayStore untuk ponsel pintar berbasis Android yang juga tercantum data Administrasi Kependudukan lainnya seperti Kartu Keluarga.

Kendati nantinya akan tersedia versi KTP digital, Irzani memastikan, Dinas Dukcapil tetap melayani KTP Elektronik model cetak kartu, bila masyarakat ingin membuatnya.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: