Iklan dempo dalam berita

Perhatikan, 4 Hal Berikut Membuat Malaikat Rezeki Tidak Mau Datang ke Rumah Anda

Perhatikan, 4 Hal Berikut Membuat Malaikat Rezeki Tidak Mau Datang ke Rumah Anda

4 ciri rumah yang tidak disukai malaikat rezeki--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Rumah merupakan tempat yang seharusnya menjadi tempat perlindungan, kedamaian, dan keberkahan bagi penghuninya.   
 
Namun, ada beberapa faktor yang dapat membuat rumah menjadi kurang disukai oleh malaikat, makhluk spiritual yang dipercaya memiliki keberadaan di sekitar kita.   
   
Dalam Islam, ada beberapa ciri rumah yang dapat membuat malaikat enggan untuk datang ke dalamnya.   
   
Melalui pemahaman ini, kita dapat memperbaiki dan memperindah rumah kita agar menjadi tempat yang diridhai oleh Allah dan dihuni oleh malaikat.   

BACA JUGA:Rumah Anda akan Membawa Rezeki jika Memiliki 7 Ciri Berikut
   
Berikut adalah empat ciri rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat, yang dirangkum dari berbagai sumber.  
 
1. Rumah yang Dipasangi Gambar dan Patung  
   
Gambar yang dipasang di dinding atau patung yang dipajang menghalangi masuknya malaikat ke dalam rumah. Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya malaikat tidak memasuki suatu rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar timbul (relief) (HR Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban).  

Disebutkan dalam buku Mengundang Malaikat ke Rumah oleh Mahmud asy-Syafrowi, gambar yang dimaksud merupakan gambar makhluk yang bernyawa seperti misalnya manusia dan binatang, baik yang dibuat dengan tangan berupa lukisan maupun dengan fotografi.   
   
Sebab, sebutan maupun hakikatnya tetap gambar. Adapun pohon dan bebatuan atau benda lainnya yang tidak bernyawa tidak termasuk yang dilarang.  

BACA JUGA:Jangan Pernah Merendahkan atau Membully 3 Zodiak Ini, Tidak akan Mempan, Hati Mereka Sekuat Baja
   
Adapun gambar yang berupa stempel atau lukisan pada kain, Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-'Asqalani Ra menguatkan pendapat yang menyatakan apabila gambar tersebut utuh dan jelas bentuknya maka haram.   
   
Namun, jika gambar tersebut dipotong kepalanya, atau terpisah-pisah bagian tubuhnya, maka diperbolehkan.  
   
Imam Nawawi menjelaskan tentang hal ini lebih lanjut, "Ulama berkata, 'Faktor penyebab terhalangnya mereka (para malaikat) untuk masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat gambar adalah karena membuat dan menyimpan gambar merupakan perbuatan maksiat, perbuatan keji, dan menandingi ciptaan Allah serta di antara gambar itu ada yang diibadahi selain ibadah kepada Allah."  
 
Sementara itu, Indah Permatasari S.Pd menyebutkan dalam bukunya Setan Selalu Bersemayam Di Setiap Sudut Rumahku bahwa patung dianggap sudah menyerupai ciptaan Allah sehingga patung pun dapat menghalangi masuknya malaikat.  

BACA JUGA:Kemiskinan InsyaAllah Menjauh, Asalkan Rutin Baca Sholawat Jibril Penarik Rezeki

Perkara hal tersebut juga telah dijelaskan jalan keluarnya dalam riwayat berikut, "Jika engkau harus menggambar atau membuat patung maka buatlah (gambar) pohon dan apa-apa yang tidak mempunyai ruh." (HR Bukhari).  
   
2. Rumah yang Terdapat Anjing  
Ummul Mukminin Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah mengadakan perjanjian dengan Jibril bahwa ia akan datang.   
   
Namun, hingga waktu pertemuan tiba, ia tidak datang. Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah bersabda, "Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya, tetapi mengapa Jibril belum datang?"  
   
Tatkala Rasulullah menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. "Kapan anjing ini masuk?" tanya beliau. Aku (Aisyah) menyahut, "Entahlah." Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril.  
 
"Mengapa engkau terlambat?" tanya Rasulullah kepada Jibril. Jibril pun menjawab, "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)." (HR Muslim).  
   
Para ulama pun menjelaskan mengapa anjing dapat menghalangi malaikat yang hendak masuk ke rumah.   

BACA JUGA:Anda akan Dilimpahkan 100 Juta Kebaikan jika Rutin Baca 10 kali Sholawat Bariyyah

Beberapa alasannya adalah karena air liurnya yang najis, memiliki aroma yang tidak sedap, dan terdapatnya larangan syariat memelihara anjing.  
   
Adapun malaikat hanya tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing yang diharamkan.   

Terdapat anjing yang tidak diharamkan di antaranya yakni anjing pemburu, anjing yang ditugasi menjaga sawah ladang dan hewan ternak, dan juga anjing penjaga.  
   
3. Rumah yang Dihiasi Suara-suara Syaitan  
   
Malaikat menyukai rumah yang selalu dilantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an, dikumandangkan adzan, dan juga diperdengarkan sholawat kepada Rasulullah.   
   
Namun, apabila rumah yang di dalamnya justru dihiasi oleh suara-suara syaitan, malaikat pun enggan untung datang.  
 
Hal ini merujuk kepada suara-suara nyanyian atau musik yang bisa mengundang maksiat dan juga dosa. Allah telah berfirman dalam Al-Qur'an surat Al Isra ayat 64 tentang syaitan dengan segala tipu dayanya terhadap manusia.  
 
Ibnu Abbas menerangkan tentang ayat ini bahwa, "Suara syaitan adalah lagu, seruling, dan perkataan yang sia-sia". Pendapat ini juga menegaskan bahwa apabila rumah yang berisi pertengkaran, ucapan kotor, dan juga makian, maka rumah tersebut termasuk rumah yang dihiasi oleh suara syaitan.  
   
4. Rumah yang Kotor dan Bau  

Malaikat menyukai bau harum dan merasa terganggu dengan bau busuk. Bau harum tentunya hadir karena kita selalu menjaga kebersihan, menyingkirkan hal-hal yang kotor dan berbau tidak sedap. Bahkan, dalam ajaran Islam, kebersihan adalah sebagian dari iman.  
   
Hal ini disebutkan dalam hadits berikut, "Barangsiapa yang memakan bawang putih, bawang merah, dan makanan tidak sedap lainnya, maka jangan sekali-kali ia mendekati (memasuki) masjid kami, oleh karena sesungguhnya para malaikat terganggu dari apa-apa yang mengganggu manusia." (HR Bukhari dan Muslim).  

BACA JUGA:Pinjol Resmi OJK Cepat Cair, Danamas jadi Solusi Keperluan Mendesak
   
Oleh karena itu, apabila rumah yang kotor dipenuhi debu, kotoran yang menempel, dan juga berbau tidak sedap, maka rumah tersebut tidak akan dimasuki oleh malaikat.  
 
Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: