Iklan dempo dalam berita

Pahami Baik-baik, Ini Beda Paylater dan Pinjol yang Banyak Jerat Mahasiswa dan Lakukan Hal Tak Terduga

Pahami Baik-baik, Ini Beda Paylater dan Pinjol yang Banyak Jerat Mahasiswa dan Lakukan Hal Tak Terduga

Pahami perbedaan paylate dan pinjol--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi menarik dan penting. Paylater alias bayar nanti semakin hits di kalangan masyarakat. Mereka yang doyan berbelanja di e-commerce atau beli tiket pesawat di marketplace pasti sudah tak asing dengan paylater.

Salah satu e-commerce yang menyediakan layanan paylater adalah Shopee dengan ShopeePayLater. Lalu, Traveloka sebagai aplikasi yang menjual tiket moda transportasi hingga penginapan.

Sesuai dengan namanya, paylater, artinya pengguna bisa bertransaksi terlebih dahulu dan membayar saat jatuh tempo. Sekilas mungkin mirip dengan financial technology (fintech) peer to peer (p2p) lending atau pinjaman online (pinjol) yang menawarkan pinjaman instan, lalu masyarakat bisa membayarnya nanti saat jatuh tempo.

BACA JUGA:Bulan September Keberuntungan Bagi 3 Shio Ini, Rezeki Mengalir Deras dan Karier Semakin Moncer

Namun, paylater dan pinjol adalah dua hal yang berbeda. Paylater hanya fitur, bukan lembaga jasa keuangan seperti pinjol.

Sementara itu, kasus mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta yang diduga diminta mendaftar akun pinjaman online (pinjol) dalam kegiatan Festival Budaya menjadi perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengungkapkan bahwa perkara yang sebenarnya terjadi bukan pinjol, tetapi paylater. 

“Ternyata, (info) terakhir bukan pinjol. Ternyata produk paylater,” kata Friderica.

Tak hanya itu, akibat terjerat pinjol, mahasiswa Universitas Indonesia (mahasiswa UI) Jurusan Sastra Rusia, Altafasalya Ardnika Basya alias AAB (23 tahun) tega membunuh adik kelasnya sendiri, Muhammad Naufal Zidan (19 tahun). 

BACA JUGA:Tak Perlu Waktu Lama, Ini Rekomendasi Pinjol Cepat Cair ke Rekening Terbaik dan Resmi OJK

Motif Altafasalya melakukan pembunuhan diketahui agar dapat menguasai barang korban yang rencananya dipakai untuk melunasi utang dari Pinjol karena rugi Rp 80 juta dari investasi kripto.

Kasus pembunuhan akibat terjerat pinjol ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Sebagaimana diketahui, pinjol memiliki potensi bahaya jika tidak digunakan dengan bijaksana. 

 

Ini Perbedaan Paylater dan Pinjol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: