Iklan dempo dalam berita

Ini Alasan Rasulullah SAW Anjurkan Matikan Lampu Waktu Tidur

Ini Alasan Rasulullah SAW Anjurkan Matikan Lampu Waktu Tidur

Anjuran Nabi Muhammad agar mematikan lampu saat tidur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi bermanfaat. Waktu tidur merupakan saat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, karenanya dianjurkan untuk mematikan lampu atau mengurangi cahaya saat sedang tidur. Hal ini bahkan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Ada alasan tersendiri kenapa beliau menganjurkan hal ini. Anjuran Rasulullah SAW agar mematikan lampu saat tidur termuat dalam hadits yang diriwayatkan Jabir bin Abdillah RA. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

...أَطْفِئُوا الْمَصَابِيحَ إِذَا رَقَدْتُمْ وَغَلَقُوا الْأَبْوَابَ

 

Artinya: "Apabila kalian hendak tidur, padamkanlah lampu dan kuncilah pintu terlebih dahulu..." (HR Bukhari, Muslim, Ahmad, at-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Malik).

BACA JUGA:Alasan Tutup Pintu Rumah Waktu Maghrib, Kata Nabi SAW Waktu Itu Setan dan Jin Berkeliaran

Dalam Shahih Al-Bukhari tepatnya pada Kitab Al-Isti'dzan juga terdapat riwayat serupa, dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

وَأَحِيفُوا الأَبْوَابَ وَأَطْفِئُوا الْمَصَابِيحَ فَإِنَّ الْفُوَيْسِقَةَ رُبَّمَا جَرَّتْ الْفَتِيْلَةَ فَأَحْرَقَتْ أَهْلَ الْبَيْتِ...

 

Artinya: "...Kuncilah pintu dan padamkanlah lampu terlebih dahulu, karena mungkin tikus akan menyenggol pelita dan membakar penghuni rumah." (HR Bukhari).

 

Ibnu Umar RA juga meriwayatkan hadits serupa dari Nabi SAW yang bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: