Iklan dempo dalam berita

Fenomena Langit Bulan Agustus 2023, Saksikan Blue Moon yang Jarang Terjadi

Fenomena Langit Bulan Agustus 2023, Saksikan Blue Moon yang Jarang Terjadi

Fenomena blue moon di bulan Agustus--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi menarik. Bulan Agustus 2023 menyuguhkan fenomena menarik bagi para pengamat langit dengan kehadiran dua supermoon. 

Setelah kemunculan Sturgeon Moon di awal Agustus, maka malam ini dan besok tanggal 30-31 Agustus 2023 kita bisa melihat fenomena langit Blue Moon. 

Supermoon yang sekaligus juga adalah Blue Moon ini, termasuk jarang terjadi. Jadi jangan sampai melewatkan keindahannya. 

Supermoon terjadi ketika orbit bulan purnama membuatnya paling dekat dengan bumi. Dijelaskan oleh NASA, orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak melingkar sempurna melainkan berbentuk seperti oval memanjang, atau elips.

BACA JUGA:Saldo Gratis Rp100 Ribu dari Link DANA Kaget Terbaru Hari Ini, Siap Ditransfer

Hal ini menyebabkan Bulan berosilasi antara jarak yang lebih dekat dan lebih jauh dari planet asal kita saat menyelesaikan siklus orbitnya.

Titik terjauh yang ditempuh Bulan dari Bumi disebut sebagai apogee, yakni ketika Bulan berada pada jarak rata-rata 405 ribu km. Sebaliknya, titik ketika Bulan paling dekat dengan Bumi dikenal sebagai perigee, dengan jarak Bulan kira-kira 360 ribu km dari Bumi.

 

Pendekatan Menyebabkan Supermoon

 

Pada tahap perigee itulah supermoon terjadi, saat Bulan purnama sejajar dengan jarak terdekat Bulan ke Bumi. Jika diamati dari Bumi, supermoon cenderung tampak lebih besar dan lebih terang dibandingkan bulan purnama biasa, meski perbedaannya tipis.

Siklus supermoon tahun ini sangat istimewa karena keempat kejadian tersebut terjadi secara berurutan. Supermoon pertama tahun ini muncul pada 3 Juli, dan supermoon terakhir dari seri ini akan terjadi pada 29 September.

BACA JUGA:Ada Bansos Rp 500 Ribu, Cek Pakai NIK KTP Apakah Anda Termasuk Sebagai Penerima

Istilah Bulan biru atau Blue Moon tidak mengacu pada warna Bulan melainkan frekuensinya. Blue Moon adalah nama yang diberikan untuk Bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender. Karena purnama umumnya muncul setiap 29 hari, dan karena sebagian besar bulan terdiri dari 30 atau 31 hari, ada kemungkinan dua purnama jatuh dalam bulan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: