Iklan RBTV Dalam Berita

Fenomena Langit Bulan Agustus 2023, Saksikan Blue Moon yang Jarang Terjadi

Fenomena Langit Bulan Agustus 2023, Saksikan Blue Moon yang Jarang Terjadi

Fenomena blue moon di bulan Agustus--

Blue Moon adalah peristiwa langka yang biasanya terjadi kira-kira setiap dua setengah tahun. Di tahun ini, Agustus akan menjadi tuan rumah bagi terjadinya dua bulan purnama, dan istimewanya lagi, keduanya merupakan supermoon.

Blue Moon bisa dilihat dari mana saja dengan mata telanjang, asalkan langit cerah. Kalian yang berencana mengamati peristiwa ini, sebaiknya cari lokasi yang jauh dari lampu perkotaan untuk mendapatkan pemandangan yang paling jelas. Juga, kalian bisa menggunakan teleskop bahkan teropong yang bagus untuk meningkatkan pengalaman menyaksikan keindahan langit malam.

 

Bacaan Doa Saat Bulan Purnama

 

Sementara itu, istilah Blue Moon atau bulan biru tidak ada kaitannya dengan warna, namun sejak tahun 1940-an istilah ini lazim merujuk pada bulan purnama kedua dari dua bulan purnama yang jatuh dalam satu bulan kalender. Karena itu, bulan purnama pada hari Rabu ditetapkan sebagai Bulan Biru karena merupakan bulan purnama kedua di bulan Agustus.

BACA JUGA:Usia Minimal 17 Tahun Beli Motor Dibantu Rp 7 Juta, Ini Merek dan Model Motor Listrik yang Disubsidi

Sama seperti bulan purnama pertama di bulan Agustus, yaitu Sturgeon Moon yang terjadi pada tanggal 1 Agustus, Blue Moon juga akan menjadi supermoon, artinya bulan ini akan terjadi pada periode ketika bulan berada lebih dekat ke Bumi, sehingga membuatnya tampak lebih besar di langit.

Super Blue Moon akan terbit tepat setelah matahari terbenam pada pukul 19:10 EDT (2310 GMT) pada hari Rabu dari ufuk timur. Namun, hal ini tidak akan terjadi pada saat ia berada pada titik terbesar dan paling cemerlang. Momen tepat bulan purnama didefinisikan sebagai titik 180 derajat dari matahari, berlawanan sepenuhnya dengan bintang kita di langit di atas Bumi.

Untuk Blue Moon tahun ini, bulan akan berhadapan dengan matahari pada pukul 21:36 EDT pada hari Rabu, 30 Agustus (0336 pada 31 Agustus), NASA menyebutkan bahwa saat ini, ia akan berada di konstelasi Aquarius. Blue Moon kemudian akan terbenam pada hari Kamis tepat sebelum matahari terbit sekitar pukul 06:46 EDT (1046 GMT).

Berdasarkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bulan Purnama Biru Super juga dapat diamati di Indonesia. Tepatnya, Super Blue Moon akan terjadi pada Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 08.35 WIB atau 09.35 WITA atau 10.35 WIT.

BACA JUGA:Cepat dan Lebih Praktis, Ajukan Pinjaman Online Rp30 Juta di EasyCash Langsung Cair Tanpa Potongan

Bagi umat Muslim yang melihat fenomena luar biasa ini pasti akan merasa bersyukur, dan langung teringat Allah SWT. Tuhan yang luar bisa dalam menciptakan alam semesta.

Ada dua syarat utama agar Supermoon dapat terjadi. Bulan harus berada di posisi terdekat dengan Bumi dalam orbit 27 hari. Bulan juga berada dalam periode purnama setiap 29,5 hari saat matahari menyinari bulan sepenuhnya.

Supermoon sendiri memiliki kecerahan 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih besar dari bulan purnama biasanya. Namun pada bulan ini, Supermoon akan tampak sangat terang karena Saturnus akan berada tepat di seberang Matahari jika diamati dari Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: