Iklan dempo dalam berita

Melon Segar Manis, Sekilo Rp 42 Ribu, Begini Cara Menanamnya

Melon Segar Manis, Sekilo Rp 42 Ribu, Begini Cara Menanamnya

RBtvBengkulu - Mayoritas kita suka makan buah melon. Rasanya yang segar dan banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, sekarang banyak petani muda yang memodifikasi teknis menanam buah melon. Salah satunya sistem hidroponik.

\"Melon hidroponik tingkat kemanisannya 15 persen, kalau yang lokal 8-10 persen. Kemudian minim residu pestisida, jadi sangat segar dan sehat,\" jelas Yusuf.
Cara budidayanya, sambung alumni Unib ini, tanpa media tanah. Melalui arang sekam atau cocopeat (serbuk serabut kelapa). \"Melon hidroponik ini, 2,5 tahun sudah panen. Pemasarannya juga mudah,\" ungkapnya.

Kalau untuk kesehatan, melon hidroponik bisa menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang dan kulit serta menjaga kesehatan mata.

Di Bengkulu sudah ada tiga lokasi pengembangan melon hidroponik. Pertama di dekat FP Unib, di Medan Baru dan di Bapas. \"Saya sangat tertarik dengan melon hidroponik ini. Dengan bantuan kawan-kawan dari Toboponik, kami membuat lokasi penanaman. Harapan saya, kedepan kalau ingin melon segar tanpa pestisida, cukup datang ke Bapas,\" kata Kepala Bapas, Resman Hanafi.

Tempat tanam melon hidroponik di Bapas, berukuran 5 meterĂ—5 meter. Bisa menampung 50 pot tanaman. \"Insya Allah bisa panen 100 kilo. Harga sekarang Rp 46 ribu per kilo,\" pungkas Yusuf.(hay)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: