Iklan dempo dalam berita

Presiden Jokowi Mau Semua Pinjaman KUR Tanpa Agunan, Cukup Gunakan Ini

Presiden Jokowi Mau Semua Pinjaman KUR Tanpa Agunan, Cukup Gunakan Ini

Presiden Jokowi mau semua KUR tanpa jaminan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi menarik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tengah mendorong agar pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada pengusaha berbasis skor kredit tanpa agunan.

Cara itu untuk mempermudah pengusaha muda mendapat modal. Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan acara Rakernas HIPMI ke-XVIII di BSD, Tangerang. 

Presiden Jokowi berharap semua penyaluran KUR bisa dilakukan tanpa agunan (jaminan). Orang nomor satu di Indonesia itu mendorong langsung kepada menteri yang bersangkutan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

“Saya masih mendorong terus kepada menteri, kepada OJK, kepada BI agar kalau bisa urusan kredit KUR ini tanpa agunan," kata Jokowi.

BACA JUGA:Desa ini Akan Menjadi Salah Satu Sentral Produksi Telur Asin, Melalui Program Ketahanan Pangan

Jokowi menilai sudah seharusnya diterapkan sistem credit scoring untuk penyaluran pembiayaan kepada UMKM. Pasalnya 145 negara telah menggunakan sistem tersebut.

“Mestinya harus menggunakan sistem credit scoring, mestinya seperti itu, karena sudah 145 negara untuk UMKM itu menggunakan sistem credit scoring, melihat skornya, melihat karakternya baik nggak, beri Rp 500 juta, beri Rp 300 juta, beri Rp 100 juta, mestinya seperti itu," tuturnya.

Dengan semua KUR tanpa agunan, diyakini akan memberikan peluang kemudahan kepada para pelaku UMKM dalam mendapatkan pembiayaan khususnya bagi yang baru memulai.

“Karena pengusaha-pengusaha muda yang baru berangkat untuk masuk ke dunia usaha biasanya belum memiliki aset, belum memiliki collateral, belum memiliki agunan. Jadi kalau peluang diberikan dengan sistem credit scoring, itu akan lebih memudahkan dan ini akan terus saya dorong," ucapnya.

BACA JUGA: Aksi Banditnya Luar Biasa, Ibu ini Hanya Pasrah Walau Tak Rela

Jokowi menyebut jatah KUR tahun ini mencapai Rp 460 triliun dengan bunga 6% dan maksimal pinjaman Rp 500 juta. Dia mau anggaran yang sudah ada bisa tersalurkan semua.

“Kuota Rp 460 triliun ini harus habis, jangan ada yang tersisa karena bunganya hanya 6%, tapi memang betul-betul hanya untuk UMKM," ucap Jokowi.

 

UMKM Penuhi 4 Kriteria Ini Gampang Pinjam KUR BRI 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: