Iklan dempo dalam berita

Provinsi Ini Pemilik Kebun Sawit Terluas dan Produktif di Indonesia, Bengkulu Belum Seberapa

Provinsi Ini Pemilik Kebun Sawit Terluas dan Produktif di Indonesia, Bengkulu Belum Seberapa

Daftar kebun sawit paling luas di Indonesia --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Informasi ini semoga bermanfaat buat petani dan pengusaha sawit di Indonesia. Saat ini Indonesia merupakan penghasil minyak sawit terbesar dunia. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun lalu, produksi minyak sawit Indonesia sebagian besar diekspor ke mancanegara, dan sisanya dipasarkan di dalam negeri.

Ekspor minyak kelapa sawit Indonesia menjangkau banyak negara dunia. Lima besar negara pengimpor crude palm oil (CPO) Indonesia adalah India, Spanyol, Malaysia, Italia, dan Kenya. Total ekspor CPO ke lima negara tersebut mencapai 86,68 persen terhadap total ekspor CPO Indonesia.

BACA JUGA:Butuh Pinjaman Cepat hingga Rp30 Juta, Langganan dengan Aplikasi Ini, Bunganya Rendah

Negara tujuan ekspor CPO terbesar yaitu India dengan volume 4,39 juta ton atau 61,23 persen dari total volume ekspor CPO Indonesia dengan nilai US$2,87 miliar. Selanjutnya CPO paling banyak dipasarkan ke Spanyol dan Malaysia dengan kontribusi 10,73 persen dan 5,22 persen dari total ekspor CPO Indonesia.

Adapun total luas perkebunan sawit di Indonesia mencapai 14,58 juta hektare, dan terbagi menjadi tiga: perkebunan rakyat (6,04 juta hektare), perkebunan swasta (7,97 juta hektare), dan perkebunan pemerintah (565 ribu hektare). Luas perkebunan bertambah luas lagi tahun 2022 dan 2023 ini.

BACA JUGA:Sumatera Kaya, Ini 25 Kabupaten dan Kota Terkaya di Pulau Sumatera, Nomor 1 Bikin Kagum

 

Lantas, daerah manakah yang memiliki kebun sawit terbesar di Indonesia? Lalu berapa produksi CPO yang dapat dihasilkan?

 

1. Riau

 

Kebun Sawit terbesar di Indonesia berada di Riau. BPS melaporkan Provinsi Riau pada 2019 memiliki luas perkebunan sawit 2,74 juta  ectare, naik pada 2020 menjadi sekitar 2,86 juta  ectare.

Dengan luas tersebut, Riau dapat menghasilkan 9,5 juta ton CPO pada 2019. Kemudian mengalami penurunan produksi pada tahun selanjutnya menjadi 8,5 juta ton CPO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: