Iklan dempo dalam berita

Fenomena Langit Bulan September 2023, Ada Bulan Purnama dan Hujan Meteor

Fenomena Langit Bulan September 2023, Ada Bulan Purnama dan Hujan Meteor

Fenomena langit bulan September--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini kabar buat kita semua untuk bulan September 2023. Ternyata fenomena langit masih terjadi. Diantaranya bulan purnama, ekuinoks dan hujan meteor.

Langit malam hari dan pada malam yang cerah menawarkan pemandangan objek-objek menarik yang dapat dilihat, mulai dari rasi bintang hingga planet-planet, bulan, dan terkadang peristiwa khusus seperti hujan meteor.

Mengamati langit malam pada fenomena ini tak perlu dengan peralatan khusus seperti teleskop atau teropong lantaran sebagian terjadi begitu terang.

 

Ini sederet fenomena langit yang bisa dilihat bulan September 2023, dirangkum dari berbagai sumber:

 

1. Fenomena Konjungsi planet dan Bulan

 

Fenomena konjungsi merupakan peristiwa pertemuan atau papasan dekat semu antara dua objek di langit dari sudut pandang pengamat di Bumi.

BACA JUGA:Kapan Hujan? Ini Prediksi BMKG Bulan September dan Oktober, Cuaca Dipengaruhi 3 Fenomena Langit

Pada bulan ini, setidaknya lima kali papasan antara planet-planet dan Bulan, dalam beberapa fasenya, berlangsung.

Berikut jadwal konjungsi planet dan Bulan pada September, dikutip dari akun Instagram Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (ORPA BRIN):

 

1. Konjungsi Jupiter-Bulan: 4 September mulai pukul 22.15 WIB, bisa dilihat di sebelah timur. Penampakan terakhir pada 5 September 05.45 WIB (sebelah barat laut).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: