Iklan dempo dalam berita

Ini Destinasi Wisata di Bengkulu, Ada Pantai, Benteng dan Danau

Ini Destinasi Wisata di Bengkulu, Ada Pantai, Benteng dan Danau

Fort Malborough--

RbtvCamkoha  Provinsi Bengkulu yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatera, memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari destinasi wisata sejarah, pantai, gunung dan danau. Semuanya wajib dikunjungi jika datang ke Provinsi Bengkulu. 

Untuk wisata pantai, Provinsi Bengkulu memiliki Pantai Panjang. Pasirnya yang putih dan bersih, sangat cocok menyegarkan pikiran dan menikmati keindahan alam. Selain deburan ombak, kita juga bisa jogging atau melakukan permainan lain di pinggir pantai. Letaknya dekat dengan pusat kota dan pusat perbelanjaan. Kondisinya aman. Tapi kalau mau mandi, silakan cari spot yang sudah dianjurkan Dinas Pariwisata. 

Selain Pantai Panjang, Provinsi Bengkulu juga memiliki destinasi wisata pantai yang lain. Diantaranya, Pantai Pasar Bawah di Bengkulu Selatan, Pantai Wayhawang di Kaur, Pantai Laguna di Kaur dan Pantai Pengubaian di Kaur. Di Pengubaian ini, selain suasananya yang indah dan alami, juga sering dijadikan pengunjung untuk berselancar. 

Untuk wisata sejarah, pengunjung bisa datang ke Benteng Marlborough, terletak di dekat Kampung Cina, dekat dengan pantai Tapak Paderi. Benteng peninggalan Inggris ini dulunya dipakai perkantoran, penjara dan barak. Tahun 1977, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil alih dan melakukan pemugaran. Manariknya lagi, dari atas bangunan benteng yang berbentuk kura-kura ini, kitab isa melihat birunya laut Samudera Hindia. 

Benteng ini terletak di Jalan Benteng, Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Jika mau masuk ke wistaa ini, pengunjung dikenai Rp 5000 per orang, tapi jika mau melihat bagian luar sambal duduk santai, cukup bayar parkir. Tapi di luar juga banyak aksesoris bernuansa Bengkulu yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Benteng ini mulai dibuka pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. 

Kemudian, Bengkulu juga memiliki destinasi wisata sejarah Rumah Bung Karno, Rumah Ibu Fatmawati dan Mesjid Jamik yang didesain Bung Karno. Rumah Bung Karno terletak di pusat kota, berdekatan dengan sentra aksesoris khas Bengkulu. Sedangkan rumah Ibu Fatmawati sekitar 200 meter dari rumah pengasingan Bung Karno. Mesjid Jamik juga berdekatan dengan pusat kota Jalan Soeprapto. 

Sedangkan destinasi wisata danau, Bengkulu memiliki Danau Dendam Tak Sudah. Terletak di Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu. Danau ini berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota. Di pinggir danau, disediakan makanan khas Bengkulu dan jagung bakar. Selain itu juga ada Danau Mas Harun Bestari di Rejang Lebong, Danau Nibung di Mukomuko, Danau Tes di Lebong, dan Danau Suro di Kepahiang. 

Provinsi Bengkulu juga punya destinasi wisata alam. Diantaranya air terjun Tri Mandiri Sakti. Terletak Desa Blitar Seberang, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Air terjun ini tingginya sekitar 100 meter, dan sudah didatangi Menteri Pariwisata Sandiaga Uno. Konon kawasan ini sempat disinggahi Bung Karno saat pengasingan di Bengkulu.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: