Iklan dempo dalam berita

Waspada, Enam Sapi di Mukomuko Positif Lump Skin Desease

Waspada, Enam Sapi di Mukomuko Positif Lump Skin Desease

Kondisi Sapi Terkena Virus LSD--

BENGKULU. RBTV.COM - Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu merilis temuan enam ekor sapi terjangkit lump skin desease atau LSD. Penyakit ini merupakan penyakit kulit infeksi yang disebabkan virus LSD. 

Penjelasan Kadis Peternakan dan Seswan Provinsi, Syarkawi, awalnya Dinas Peternakan setempat melaporkan dugaan virus LSD. Sampel dari kulit sapi diambil dan dikirimkan ke laboratorium Lampung.

"Hasilnya positif terjangkit LSD. Dugaan sementara, penularan berasal dari Sumatera Barat. Karena di Sumbar sudah ditemukan sapi positif virus LSD," jelas Syarkawi.

Pasca hasil laboratorium tersebut, Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi menyiapkan langkah antisipasi. Meski penularan virus tidak secepat penyakit mulut dan kuku, dinas terkait berupaya agar jumlah sapi dan kerbau yang terjangkit tidak bertambah. 

Selain itu proses penyembuhan juga cukup lama bisa mencapai enam bulan, dan penampilan kulit sapi menjadi tidak bagus. 

"Penyakit ini dapat menular dengan cara kontak langsung, antara hewan positif dengan hewan yang sehat. Atau melalu alat-alat peternakan serta melalui serangga," tambah Syarkawi.

Ditambahkan Syarkawi, Pemprov telah bersurat kepada bupati agar menyiapkan langkah antisipasi. Salah satunya memisahkan ternak positif dengan ternak sehat. Ternak yang telah terjangkit akan dikarantina hingga virusnya hilang. 

Selain itu peternak juga diminta membersihkan kandang dan alat-alat yang bisa menjadi media penularan virus LSD.

 

Siska Harliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: