Iklan dempo dalam berita

Dampak Kemarau Semakin Terasa, Harga Beras Terus Melonjak

Dampak Kemarau Semakin Terasa, Harga Beras Terus Melonjak

Harga beras terus melonjak, dampak kemarau yang melanda wilayah Indonesia--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Melambungnya harga beras semakin banyak dikeluhkan masyarakat di Kabupaten Seluma. Pasalnya harga beras tertinggi saat ini mencapai Rp 24 ribu per cupak. 

 

Cupak sendiri adalah satuan pembelian beras dalam bentuk kaleng dengan kapasitas sekitar 1,6 kilogram yang sering digunakan dalam transaksi oleh masyarakat di Bengkulu, khususnya di Kabupaten Seluma, sedangkan harga terendahnya berkisar 19 ribu per cupak.

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Seluma Amri mengatakan, hal ini disebabkan daerah penghasil, seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Lampung mengalami gagal panen sehingga produksi beras menurun.

 

Kegagalan panen terjadi akibat cuaca ekstrem, disertai fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) Positif yang menyebabkan kekeringan.

BACA JUGA:Gembong Narkoba, Setelah Fredy Budiman Dieksekusi Muncul Fredy Pratama yang Dijuluki Escobar Indonesia

 

"Memang dampak cuaca ekstrem membuat hasil produksi dari daerah-daerah penghasil menurun, walaupun di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma saat ini ada yang sedang panen, namun ada juga yang gagal panen akibat sawah mengering,” terang Amri.

 

Lanjutnya, menyikapi hal ini pihaknya sesuai instruksi dari Bupati Seluma untuk segera menggelar Operasi Pasar dengan berkoordinasi dengan Bulog.

BACA JUGA:Ada Rencana Buka Pertashop, Begini Perhitungan Modal dan Keuntungannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: