Iklan dempo dalam berita

Timor Leste Berhasil Merdeka, Ternyata 6 Negara Ini Dulunya Juga Bagian Indonesia

Timor Leste Berhasil Merdeka, Ternyata 6 Negara Ini Dulunya Juga Bagian Indonesia

Enam negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia terdiri dari lima pulau utama dan sekitar 18.110 pulau kecil, dan 6.000 pulau di antaranya tidak berpenghuni.

Dengan luas negara 1.905 juta kilometer persegi, Indonesia berada di urutan ke-15 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya.

Melihat fakta ini, tak heran jika dahulu ada beberapa negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia, sebelum akhirnya berpisah menjadi negara sendiri dengan berbagai alasan.

Luas daratan Indonesia mencapai 1.905 juta kilometer persegi. Selama bertahun-tahun, Indonesia telah mengalami perubahan wilayah. Beberapa wilayah memisahkan diri hingga menjadi negara sendiri.

Menurut catatan sejarah, ada 6 negara yang memisahkan diri dari wilayah Nusantara atau kemudian dikenal dengan sebutan negara Indonesia. Negara tersebut berlokasi di sekitar wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Puluhan Tahun Berjuang Ingin Merdeka, Ini 7 Alasan Papua Ingin Berpisah dari Indonesia

 

1. Filipina

 

Filipina pernah menjadi bagian dari Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit. Sejumlah ahli sejarah meyakini bahwa penaklukan Filipina terjadi pada masa Raja Hayam Wuruk.

Saat itu sang raja dan patihnya Gadjah Mada ingin menjadikan Majapahit sebagai kerajaan besar. Wilayah kekuasaan Majapahit meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

 

2. Singapura

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: