Iklan dempo dalam berita

Ngotot Ingin Merdeka, Ternyata Papua Simpan Gunung Emas, Kaya Potensi Tembaga dan Perak

Ngotot Ingin Merdeka, Ternyata Papua Simpan Gunung Emas, Kaya Potensi Tembaga dan Perak

Ngotot Ingin Merdeka, Ternyata Papua Simpan Gunung Emas, Kaya Potensi Tembaga dan Perak--

Dengan ini, jumlah cadangan bijih emas Indonesia terbesar ada di Tanah Papua yakni sebesar 52 persen.

Berdasarkan data Booklet Emas yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020, ini cadangan sumberdaya yang dimiliki Tanah Papua.

Dengan cadangan emas sebesar ini, tak heran bahwa kabar terbaru menyebutkan bahwa perusahaan tambang asal Amerika Serikat yakni Barrick Gold berencana memperluas eksplorasi untuk menambah cadangan emas dan tembaga di seluruh kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Adapun salah satunya ada di Indonesia.

 

BACA JUGA:Viral Video KKB Papua Aniaya Sejumlah Warga Sipil, Polisi Turun Tangan

 

2. Tembaga

 

Papua diketahui kaya akan tembaga. Bahkan, berdasarkan data Freeport McMoran yang mengoperasikan tambang tembaga salah satu hasil tambang terbesarnya ada di Bumi Papua.

Pada 2021, Tambang Grasberg yang ada di Papua, Indonesia, memproduksi 1,34 miliar pon tembaga pada 2021 lalu. Produksi ini kalah dari operasi Freeport-McMoRan di Amerika Utara yang memproduksi 1,46 miliar tembaga.

Terakhir, produksi tembaga Freeport mencapai 1,05 miliar pon di Amerika Selatan. Ini berarti total produksi tembaga Freeport-McMoRan mencapai 3,84 miliar pon. Ini artinya Tanah Papua begitu kaya akan Tembaga.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah diakui dunia lewat berbagai kandungan mineral berharga. Untuk menggarap kekayaan alam tersebut, hilirisasi menjadi ambisi pemerintah agar nilai tambah produk bisa meningkat. Setidaknya ini menjadi suatu cara untuk menjaga kekayaan alam Papua.

 

BACA JUGA:Gempar! Ditemukan Tembok Raksasa 110 KM di Bawah Laut Papua, Dibangun Ras Raksasa?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: