Iklan dempo dalam berita

Bukan Cuma untuk Tempe, Kedelai Bisa jadi Masker Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Bukan Cuma untuk Tempe, Kedelai Bisa jadi Masker Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Bukan Cuma untuk Tempe, Kedelai Bisa jadi Masker Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Akhir-akhir ini banyak produk kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan dengan harga yang cukup tinggi.

Namun ada cara yang lebih sehat dalam perawatan wajah. Salah satunya masker dengan bahan alami kedelai yang bisa dilakukan di rumah.

BACA JUGA:Cairkan Uang dari Cashzine via DANA, Rp200 Ribu Siap jadi Milikmu

Kedelai adalah bahan dasar yang sering digunakan dalam makanan seperti tahu atau tempe dan kecap.

Kandungan yang dimiliki kedelai tidak terlepas dari nutrisi yang terdapat didalamnya.

Kedelai memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral serta protein yang cukup tinggi namun tetap rendah lemak.

BACA JUGA:Pilih KTA Asetku atau Dana Cicil? Semuanya Milik Akulaku dan Cairnya Via DANA

Dengan semua kandungan yang ada, kedelai berguna untuk produk perawatan luar tubuh. Salah satunya dengan menjadikan kacang kedelai sebagai masker wajah.

Manfaat masker kedelai akan jauh lebih baik jika dikonsumsi secara langsung. 

Berikut manfaat kedelai untuk wajah yang harus Anda ketahui.

1. Hilangkan Bekas Jerawat

Kedelai dipercaya memberikan manfaat mampu memberi nutrisi yang baik, terutama untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang mulai berlubang di wajah. 

BACA JUGA:Sedap dan Sehat, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah Bisa Turunkan Berat Badan

Untuk mendapatkan hasilnnya perlu dilakukan perawatan dengan rutin kurang lebih selama tiga minggu pemakaian.

2. Melembapkan Kulit

Kedelai juga bermanfaat memberikan kelembapkan kulit. Manfaat masker kedelai ini akan sangat berguna, terutama bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit kombinasi. 

BACA JUGA:Virus Nipah Sangat Mematikan, Begini Gejalanya jika Tertular

Perlu juga tahu, selain bermanfaat sebagai pelembap kulit, masker kedelai juga sekaligus bisa mengurangi kadar minyak berlebihan yang ada pada kulit.

3. Cegah Penuaan Dini

Manfaat kedelai selanjutnya bisa cegah penuaan dini. Seiring bertambahnya usia tubuh akan cenderung kehilangan estrogen. Padahal estrogen merupakan jenis hormon penting yang dapat mempertahankan elastisitas kulit. Dengan menggunakan masker kedelai maka bisa mencegah penuaan dini.

Karena, dalam kedelai terdapat kandungan fitoestrogen, yang cara kerjanya sangat mirip dengan zat estrogen dalam tubuh manusia. Adanya fitoestrogen yang ada di dalam kedelai akan membantu untuk menghasilkan lebih banyak estrogen dalam tubuh serta mencegah timbulnya berbagai tanda-tanda penuaan seperti keriput, perubahan warna kulit bahkan munculnya garis-garis halus.

BACA JUGA:Warga Kaur Heboh, Tetangganya Ditemukan Sudah Meninggal Dunia

4. Mencegah Hiperpigmentasi 

Masker kedelai juga bermanfaat untuk kulit yang dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah timbulnya hiperpigmentasi atau noda hitam pada kulit. Hiperpigmentasi sendiri bisa timbul karena diakibatkan paparan sinar UV atau paparan radikal bebas, sehingga menyebabkan produksi melanin berlebih. 

5. Mencerahkan Kulit

Kedelai juga dipercaya bisa mencerahkan kulit karena di dalam kacang kedelai terdapat berbagai senyawa antioksidan, salah satunya yaitu isoflavon. Senyawa tersebut diketahui dapat memberi efek mencerahkan sekaligus melindungi kulit dari berbagai ancaman radikal bebas.

BACA JUGA:Cairkan Uang dari Cashzine via DANA, Rp200 Ribu Siap jadi Milikmu

6. Menghambat Produksi Melanin Berlebih

Manfaat kedelai selanjutnya dapat menghambat produksi melanin berlebih pada wajah. Karena produksi melanin berlebih dapat merugikan penampilan kulit.

Untuk mendapatkannya Anda bisa menggunakan masker kedelai, jika dilakukan secara rutin maka berbagai zat yang dikandungnya akan membantu untuk menghambat produksi melanin berlebihan. Hal ini tentunya berguna untuk mencegah timbulnya noda hitam atau bintik hitam yang bisa menurunkan penampilan kulit wajah.

BACA JUGA:Covid Ada Varian Baru, Sekarang Muncul Virus Nipah yang Mematikan dan Belum Ada Obatnya

7. Redakan Peradangan atau Kemerahan di Wajah

Kedelai juga bisa bermanfaat redakan peradangan atau bahkan kemerahan wajah. Adanya peradangan atau kemerahan pada wajah yang diakibatkan terbakar sinar matahari, ternyata bisa diredakan dengan menggunakan masker kedelai. 

Manfaat masker kedelai untuk kulit wajah ini tidak lain diperoleh dari salah satu kandungan kedelai yang mampu memberi efek antiinflamasi.

BACA JUGA:Barang Dijual Sama, Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan, Ternyata Ini Alasannya

Selain itu, adanya kandungan berupa asam linoleat pada kedelai, juga berguna untuk membantu menjaga barier wajah supaya terjaga, sehingga kulit tidak kering serta tidak mudah mengalami iritasi.

8. Bantu Perbaiki Tekstur Kulit

Manfaat kedelai terakhir bisa membantu perbaiki tekstur kulit. Masker kedelai kaya akan nutrisi yang ternyata mampu meningkatkan produksi kolagen. Oleh sebab itu, penggunaan masker kedelai berguna untuk membantu memperbaiki tekstur kulit.

BACA JUGA:Terbongkar, Ini Sebab Indomaret dan Alfamart Tidak Ada di Daerah Ini, Nomor 3 Terkait UMKM

Demikian beberapa manfaat kedelai untuk kesehatan kulit wajah. Semoga hasilnya sesuai harapan dan semoga bermanfaat.

 

(Nutri Septiana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: