Iklan dempo dalam berita

Virus Nipah Biang Keladinya, Sudah Ada Korban Jiwa di Negara Tetangga Indonesia

Virus Nipah Biang Keladinya, Sudah Ada Korban Jiwa di Negara Tetangga Indonesia

Gejala dan cara pencegahan penularan virus nipah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Virus Nipah makin menakutkan, kita semua harus kian waspada. Terbukti, negara bagian Kerala di India selatan menutup sekolah, kantor, dan transportasi umum sebagai upaya menghentikan penyebaran virus Nipah. 

Akibat penyebaran virus ini, dilaporkan menyebabkan setidaknya dua orang tewas. Sejauh ini sebanyak 706 orang melakukan tes untuk mendeteksi virus yang menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh kelelawar, babi, atau orang terinfeksi.

Pemerintah setempat pun berencana untuk menyediakan tempat isolasi khusus, bagi yang terpapar virus mematikan tersebut.

“Lebih banyak orang bisa dites. Fasilitas isolasi akan disediakan,” ujar Menteri Utama Kerala, Pinarayi Vijayan melalui pernyataan persnya.

BACA JUGA:Virus Nipah Mematikan dan Mengancam Asia, Berikut Cara Mencegah Penularannya

Vijayan pun meminta warganya menghindari pertemuan publik di distrik Kozhikode, selama 10 hari ke depan.

Sementara itu, Menteri Kesehatan negara bagian Veena George mengatakan, virus Nipah yang terdeteksi di Kerala sama dengan yang ditemukan di Bangladesh sebelumnya. 

Antara lain, jenis virus yang menyebar dari manusia ke manusia dengan tingkat kematian yang tinggi, tetapi memiliki riwayat penularan yang lebih rendah.

Ia mengatakan sejauh ini, pergerakan masyarakat telah dibatasi di beberapa bagian negara bagian untuk mengatasi krisis kesehatan. 

Salah satu kasus kematian terjadi pada awal bulan ini, sementara yang lainnya terjadi pada 30 Agustus.

Sekolah-sekolah dan kantor-kantor di sebagian negara bagian yang terdampak, telah ditutup, seiring upaya otoritas setempat menghentikan penyebarannya.

 

Seberapa berbahaya virus ini dan apa saja gejalanya?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: