Iklan dempo dalam berita

Mau Beli Mobil Second Khawatir Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Memastikannya

Mau Beli Mobil Second Khawatir Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Memastikannya

Beberapa komponen mobil bisa menjadi tanda jika pernah terendam banjir--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Membeli mobil second atau mokas, memang sangat rawan dengan berbagai risiko. Si penjual kebanyakan akan menutupi semua kekurangan pada kendaraan tersebut, dengan harapan harga jualnya tinggi.

Sementara pembeli tidak ingin tertipu, membeli kendaraan yang tidak layak pakai atau yang berisiko rusak parah.

Salah satu kekhawatiran pembeli mobil second yakni mobil bekas banjir. Maksudnya mobil yang pernah terendam banjir.

Mobil bekas banjir rentan mengalami kerusakan berbagai komponen. Sedangkan biaya perbaikan atau pergantian komponen tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. 

Karenanya sebelum melakukan pembayaran, sangat dianjurkan untuk memeriksa sedetail mungkin mobil yang akan dibeli. Khusus untuk mobil bekas banjir, berikut ini ada beberapa cara untuk memastikan mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak.

BACA JUGA:Panduan Lengkap saat Beli Mobil Second, Ikuti Pasti Tidak Rugi

1. Periksa Alat Elektronik

Ciri-ciri mobil bekas banjir yang pertama ada pada bagian elektronik. Pasalnya, seluruh jenis alat elektronik sangat rentan apabila terkena air, begitu juga dengan komponen elektrik pada mobil. 

Ada baiknya untuk memeriksa setiap fungsi perangkat elektronik mulai dari lampu, audio, AC, wiper, serta perangkat elektronik lainnya. Jangan lupa untuk memastikan jika seluruh perangkat tersebut berfungsi dengan normal.

Tidak kalah penting, coba juga memastikan jika lampu indikator EPS (Electric Power Steering) yang ada di bagian dashboard tidak menyala. Sebab, EPS tersebut adalah salah satu komponen elektrik yang rentan rusak apabila mobil terkena banjir. 

2. Cek Endapan Kotoran atau Lumpur di Interior

Meski sudah dibersihkan dengan semaksimal mungkin, ciri-ciri mobil bekas banjir ini masih mungkin terlihat. Biasanya ada beberapa tempat yang dilewatkan oleh penjual mobil bekas tersebut. 

Anda sebagai calon embeli hendaknya harus lebih jeli memerhatikan ada atau tidaknya endapan kotoran maupun lumpur yang mungkin tidak wajar di tiap sudut dan sela interior.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Cukup Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Bayar BPJS Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: