Iklan dempo dalam berita

Selain Golongan Manusia, Ada 10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga, Termasuk Kambing dan Anak Sapi

Selain Golongan Manusia, Ada 10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga, Termasuk Kambing dan Anak Sapi

Ada 10 hewan yang mendapat jaminan masuk surga--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Penghuni surga tidak hanya dari golongan manusia. Selain manusia ternyata ada hewan yang kelak juga akan masuk surga.

Bahkan ada hewan yang sudah dijanjikan akan masuk surga. Ada 10 hewan yang menerima garansi itu.

Ustadz M. Tatam Wijaya, penyuluh dan petugas KUA Sukanagara-Cianjur, Jawa Barat menjelaskan, dalam Hasyiyah Qishah al-Mi’raj, Syekh Ahmad ad-Dardiri menyebutkan bahwa ada 10 hewan yang kelak akan masuk surga.

Meski dalam kitab itu tidak disebutkan satu per satu secara lengkap, tetapi berikut ini disampaikan ulasan-ulasan singkatnya sesuai dengan yang dijelaskan kitab-kitab sirah dan tarikh. (Lihat: Hasyiyah Qishah al-Mi’raj, [Semarang: Thaha Putra], halaman 6).

BACA JUGA:Di Surga Ada Pasar, Bukankah Semua Kebutuhan di Surga Sudah Tersedia?

Berikut ini adalah 10 hewan yang dijanjikan masuk surga:

1. Buraq Tunggangan Nabi SAW

Buraq merupakan hewan surga yang dipilih malaikat Jibril untuk menjadi tunggangan Nabi SAW dalam menempuh perjalanan isra’-mi’raj. Buraq itu terpilih karena kerinduannya berjumpa dengan Sang Nabi SAW. 

Nama Buraq sendiri berasal dari kata barqu yang berarti ‘kilat.’ Alasan nama itu karena ia melaju dengan sangat cepat secepat kilat, sehingga mempersingkat waktu tempuh Rasulullah saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga ke Sidratul Muntaha dengan hanya waktu satu malam. 

Menurut sejumlah riwayat, Buraq merupakan hewan seperti kuda, berbulu putih, memiliki sayap di kedua pahanya, ukuran tubuhnya lebih besar dari keledai, namun lebih kecil dari kuda. 

Kelebihannya, selain berjalan cepat, kaki depannya bisa terangkat saat jalan menurun dan kaki belakang terangkat saat jalan menanjak. Kelak hewan ini akan kembali masuk surga. Demikian seperti hadis riwayat Abu Ya’la dari Ibnu Mas’ud. (Lihat: Ibnu Katsir, al-Bidayah wan Nihayah, juz IV, 272). 

2. Unta Nabi Shaleh

Allah memberi mukjizat kepada Nabi Shaleh berupa unta hamil yang keluar dari batu. Unta itu menghasilkan susu segar yang dapat dinikmati orang-orang sekampungnya. 

Namun di antara penduduk Tsamud ada yang jahat dan sampai tega membunuh unta tersebut. Akibat perbuatan kaum Tsamud itu, Allah menurunkan Azab hujan batu kepada mereka. Nabi Shaleh dan orang-orang beriman selamat, sementara mereka binasa. Dikabarkan, unta ini diperkenkan Allah untuk masuk surga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: