Iklan dempo dalam berita

Sedekah Seperti Ini Kata Rasulullah Pahalanya Paling Besar

Sedekah Seperti Ini Kata Rasulullah Pahalanya Paling Besar

Pahala sedekah yang paling tinggi nilainya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain. Khususnya kepada orang yang membutuhkan. Sedekah tidak hanya berbentuk uang, namun juga bisa makanan hingga ilmu.

Walaupun semua sedekah baik, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bersedekah. Misalkan jangan pernah memberi sedekah sesuatu yang tidak kita sukai. Kemudian jangan pernah sedekah karena mengharapkan balasan yang lebih banyak.

Sedekah memang bisa dilakukan dengan banyak cara, namun sedekah seperti apakah yang paling tinggi nilai pahalanya? 

Ada sebuah kisah dari salah seorang umat Rasulullah SAW yang pernah bertanya langsung kepada beliau, mengenai bentuk sedekah yang paling besar pahalanya. Keterangan ini bersumber dari riwayat Abu Hurairah RA dalam kibat Zakat.

Hadis tersebut menceritakan tentang seorang laki-laki yang mendatangi Rasulullah SAW. Kemudian berkata, "Ya Rasulullah, sedekah mana yang paling besar pahalanya?".

BACA JUGA:Jangan Pernah Tinggalkan Sedekah, Ini 10 Balasan Bagi Orang Gemar Sedekah

Beliau bersabda: "Yaitu jika engkau bersedekah, engkau itu masih sehat dan sebenarnya engkau kikir. Kau takut menjadi fakir dan engkau sangat berharap menjadi kaya. Tetapi janganlah engkau menunda-nunda sehingga apabila nyawamu telah sampai di kerongkongan lalu berkata, 'Yang ini untuk fulan dan yang ini untuk fulan,' padahal yang demikian itu memang untuk fulan." (HR Muttafaq'alaih)

Dalam Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 1, Imam an-Nawawi menafsirkan hadis di atas bahwa kondisi sedekah dalam keadaan sehat adalah bentuk sedekah yang paling besar pahalanya. Lebih lanjut, menurutnya, sifat kikir dalam diri seseorang paling terlihat saat dalam keadaan sehat.

"Bila ia bersikap dermawan dan bersedekah, dalam keadaan sehat, maka itu membuktikan keikhlasan hatinya dan cintanya yang besar pada Allah SWT," jelas Imam an-Nawawi.

Namun, keadaan tersebut berbeda dengan kondisi orang yang sudah berada di penghujung ajal atau sedang sakit. Lalu dalam kondisi ini seperti apa seseorang melihat hartanya lagi?

BACA JUGA:Pasangan Bercerai, Ini Cara Praktis Pisahkan Tagihan BPJS Kesehatan, Cek 2 Syaratnya

Jenis Sedekah

1 .Sedekah Uang

Sedekah uang adalah bentuk sedekah yang paling umum dan mudah dilakukan. Sedekah uang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita, tidak harus banyak atau besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: