Iklan dempo dalam berita

Nama Sepeda Motor Ini Jawa, Sudah Diproduksi Sebelum Indonesia Merdeka

Nama Sepeda Motor Ini Jawa, Sudah Diproduksi Sebelum Indonesia Merdeka

Sepeda motor merek Jawa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sekarang kita mengenal beberapa merek motor. Mayoritas pabrikan motor yang beredar di Indonesia yakni Yamaha dan Honda. 

Namun tahukah Anda, ada satu motor yang namanya Indonesia banget. Ada sepeda motor yang namanya Jawa. Tapi jangan salah tanggap dulu, walaupun namanya Jawa, namun sepeda motor ini bukanlah dari Indonesia. 

Jawa merupakan salah satu merek sepeda motor dengan konsep klasik. Banyak yang mengira merek Jawa berasal dari Indonesia. Padahal, merek motor tersebut lahir di Republik Ceko. 

Motor Jawa sudah ada di industri otomotif sejak 1929. Nama Jawa bukan diambil dari pulau di Indonesia, melainkan gabungan pendirinya, yaitu Frantisek Janecek dan Wanderer. 

BACA JUGA:10 Karya Arsitek Buatan Orang Indonesia dan Mendunia, Salah Satunya Beijing Finance Street Tiongkok

Jawa merupakan akronim dari Janecek dan Wanderer. Di tahun kelahirannya, Jawa meluncurkan motor pertama seri Jawa 500. Motor ini yang menggunakan mesin 500 cc empat tak. Sementara tenaga yang dihasilkan hanya 18 dk. 

Namun harga motor Jawa 500 pada masanya sangat mahal. Karena kebutuhan motor dengan harga lebih murah dan reliable meningkat, pada 1930-an Jawa menciptakan motor baru. 

Berkolaborasi dengan teknisi asal Inggris, GW Patchett, Jawa sukses membuat mesin 175 cc dua tak silinder tunggal disematkan pada model Jawa 175. 

Perang Dunia I dan II tak membuat Jawa gulung tikar. Meski mengalami periode yang sulit, Jawa mampu bertahan hidup. Namun pada tahun 1996 Jawa akhirnya tutup usia, hingga dibangkitkan kembali oleh perusahaan otomotif asal India, Mahindra. 

Pada 2016, Mahindra melalui anak perusahaannya, Classic Legends Private Limited (CLPL) menandatangani kontrak linsensi merek Jawa yang memungkinkannya memproduksi motor dengan nama Jawa. 

Di bawah tangan Mahindra, pada 2018 tiga model Jawa lahir meramaikan industri otomotif, dengan tetap mengusung desain klasik.

BACA JUGA:Kebun Megawati, Jalan Joko Widodo dan Monumen Soekarno, Ini 10 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Luar Negeri

Sepeda Motor Jawa ini memang pernah beredar di pasaran Indonesia. Tapi kemudian tak lagi dijual. Lama tak terdengar, sepeda motor Jawa ini pun mulai bangkit kembali di India.

Nama Jawa memang menarik. Bagi yang awam, mungkin akan terkecoh dengan nama Jawa itu. Berikut beberapa fakta tentang sepeda motor Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: