Iklan dempo dalam berita

Begini Syarat Pinjam KUR BRI Rp 25 Juta dan Angsuran Bulanannya

Begini Syarat Pinjam KUR BRI Rp 25 Juta dan Angsuran Bulanannya

Tabel angsuran KUR BRI Rp 25 juta--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - KUR adalah program pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada UMKM, di mana penyalurannya dilakukan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Tujuan dari program KUR, adalah untuk memperkuat modal usaha bagi pelaku UMKM. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2002 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan pemberdayaan UMKM.

Ada sejumlah hal yang perlu diketahui terkait KUR, antara lain:

1. Suku Bunga

Besarnya suku bunga KUR ialah 6% per tahun atau 

sama dengan suku bunga flat. Adapun jangka waktunya ialah 3-5 tahun bergantung kelompok KUR BRI.

BACA JUGA:Masih Nekat Balap Liar, Jangan Nyesal Bila Divonis Kurungan Penjara

2. Sumber Dana KUR

Berasal dari lembaga keuangan penyalur KUR atau perbankan. Dana yang dikeluarkan bisa berupa keperluan modal kerja serta investasi.

3. Penerima KUR

Penerima Kredit Usaha Rakyat ialah individu atau perseorangan. Baik sendiri maupun kelompok usaha atau badan usaha yang melakukan usaha secara produktif.

4. Tujuan KUR

Secara umum, KUR memiliki tiga tujuan. Pertama, dalam rangka meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan terhadap usaha produktif. Kedua, meningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah. Ketiga, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyalurkan KUR BRI sejak Maret 2023. Penyaluran KUR ini dilakukan setelah terbitnya perangkat kebijakan KUR tahun 2023, seperti yang tertera dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Permenko No. 1 Tahun 2023 dan perangkat pendukung lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: