Iklan dempo dalam berita

Dibangun Penjajah Belanda, 7 Bangunan Ini Sampai Sekarang Masih Digunakan, Berikut Daftarnya

Dibangun Penjajah Belanda, 7 Bangunan Ini Sampai Sekarang Masih Digunakan, Berikut Daftarnya

Daftar bangunan masa penjajahan yang masih digunakan sampai sekarang--

Dikutip dari laman RSCM, bangunan rumah sakit ini mulai dibangun pada 19 November 1919 dengan nama CBZ (Centrale Burgelijke Ziekenhuis). Sedangkan nama RSCM sendiri mulai digunakan pada 17 Agustus 1964 usai diresmikan oleh Menteri Kesehatan saat itu, Dr. Satrio.

BACA JUGA:11 Ciri Orang Cerdas yang Jarang Disadari, Bukan Hanya IQ, Salah Satunya Sering Menunda Pekerjaan

 

3. Museum Fatahilah.

Dalam riwayatnya, kota tua merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda dan seluruh aktivitasnya berpusat disana. Salah satu bangunan yang masih digunakan sampai sekarang dan berada di Kota Tua adalah Museum Fatahilah. 

Melansir artikel bertajuk "Pelestarian Bangunan Kolonial Museum Fatahillah di Kawasan Kota Tua Jakarta’, diketahui bahwa museum ini mulai dibangun pada tahun 1620. Namun, gedung tersebut kembali diperluas dan dijadikan gedung termasyhur milik Batavia pada tahun 1710. 

 

4. Jalan Raya Pos Anyer Panarukan.

Jalan Raya Pos Anyer Panarukan adalah bangunan pada masa Kolonial Belanda yang memiliki panjang kurang lebih 1000 Km dari Anyer sampai Panarukan. Jalan ini dibangun dibawah pimpinan Gubernur Jendral Herman Willem Daendels.

Jalan yang sekarang dikenal sebagai Jalan Pantai Utara atau Pantura ini sudah berusia lebih dari 200 tahun. Meski usianya yang sudah terbilang sangat tua, jalan ini masih digunakan hingga sekarang. 

 

5. Technische Hoogeschool te Bandoeng (Institut Teknologi Bandung).

Institut Teknologi Bandung atau ITB pada mulanya merupakan salah satu lembaga pendidikan peninggalan Belanda yang bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng.

BACA JUGA:Benar Gak Nih? Kata Ilmuwan Malas Bangun Pagi Tanda Orang yang Cerdas

Lembaga ini menjadi perguruan teknik pertama yang didirikan oleh pemerintah Belanda pada tanggal 3 Juli 1920. Tujuan dari didirikannya perguruan tinggi ini yakni sebagai upaya pemenuhan tenaga teknik yang saat itu sulit ditemukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: