Iklan dempo dalam berita

Penerima Bansos Apakah Boleh Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 62?

Penerima Bansos Apakah Boleh Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 62?

Apakah penerima bansos bisa daftar kartu prakerja?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hal ini menarik untuk diketahui. Apalagi bagi Anda yang ingin mendaftar Kartu Prakerja namun sudah terdaftar sebagai penerima Bansos di DTKS Kemensos.

Pemerintah kembali menghadirkan program Kartu Prakerja di tahun 2023, dan saat ini sedang berlangsung pada gelombang 61.

Itu artinya akan segera menuju pada gelombang 62, yang dikabarkan akan dibuka pada awal bulan Oktober mendatang.

Program Kartu Prakerja tahun 2023 ini dilanjutkan dengan skema normal yang diatur dalam Perpres Nomor 113 Tahun 2022, dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang berskema semi bantuan sosial (Bansos).

BACA JUGA:Cerita Tragis G30S PKI, Sang Adik Letjen S Parman Dibunuh PKI dan Sang Kakak Sakirman Ditembak Militer

Lantas, apakah penerima Bansos bisa dapat Kartu Prakerja?

Menariknya lagi, pada program Kartu Prakerja tahun ini tidak ada lagi batasan peserta atau program Kartu Prakerja tahun ini dibuka pula untuk para penerima Bansos dari kementerian/lembaga lainnya, seperti bantuan yang disalurkan Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

Itu artinya pada program Kartu Prakerja skema normal penerima Bansos diperbolehkan menjadi penerima Kartu Prakerja.

Seperti diketahui, ada banyak jenis Bansos yang masih disalurkan pemerintah di tahun 2023. Diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT.

Bagi peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan insentif berupa uang tunai sebesar Rp600.000 selama empat bulan berturut-turut. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Daftar di RT/RW, Ini Ciri Penipuan Berkedok Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 62

Kemudian, peserta juga akan mendapatkan insentif pelatihan sebesar Rp3,5 juta, yang dapat digunakan untuk membayar biaya selama mengikuti pelatihan.

Kemudian, insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50 ribu per pengisian survei. Biasanya terdapat tiga survei yang diisi sehingga akumulasinya adalah Rp150 ribu.

Berikut syarat untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang 62:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: