Iklan dempo dalam berita

Benarkah Tiga kali Meninggalkan Sholat Jumat Dianggap Keluar dari Islam?

Benarkah Tiga kali Meninggalkan Sholat Jumat Dianggap Keluar dari Islam?

Jika 3 kali meninggalkan sholat jumat apakah dianggap keluar dari Islam?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hari jumat memiliki keistimewaan bagi umat Islam. Di hari jumat, laki-laki umat Islam akan menunaikan sholat jumat. Tidak hanya itu, ada banyak amalan yang bisa dikerjakan di hari jumat sehingga menambah pundi-pundi pahala sebagai bekal di hari akhir kelak.

Hari Jumat yang merupakan penghulunya hari (sayyidul ayyam) memiliki banyak keutamaan. Pada hari itu diwajibkan sholat Jumat bagi setiap mukallaf yang baligh, aqil, laki-laki, merdeka yang tidak memiliki uzur. 

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman Online Rp10 Juta di Tunaiku, Cicilan Per Bulan Cuma Segini, Yakin Gak Mau?

Kewajiban sholat didasarkan pada Surat Al-Jumu‘ah ayat 9 yang menuntut umat Islam untuk menghadiri panggilan untuk sholat Jumat.

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ  

Artinya: Wahai orang yang beriman, bila diseru sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah menuju zikrullah (sholat Jumat) dan tinggalkan aktivitas jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya (Surat Al-Jumu‘ah ayat 9). 

Dilansir dari Hukum Meninggalkan Tiga Kali Sholat Jumat, banyak hadits yang menyatakan tindakan meninggalkan ibadah sholat Jumat bagi mereka yang terkena kewajiban Jumat tanpa uzur syar’i sebagai kemaksiatan besar.  

BACA JUGA:Menyesal Baru Tahu, Ternyata Lazada PayLater Bisa Ajukan Pinjam Uang Rp10 Juta

Berikut ini kutip dua hadits Rasulullah saw 

. من ترك ثلاث جمعات من غير عذر كتب من المنافقين  

Artinya: Siapa saja yang meninggalkan tiga kali ibadah sholat Jumat tanpa uzur, niscaya ia ditulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq (HR At-Thabarani). 

Kemudian  hadits Rasulullah saw riwayat At-Turmudzi, At-Thabarani, Ad-Daruquthni. 

 من ترك الجمعة ثلاث مرات تهاونا بها طبع الله على قلبه  

Artinya:  Siapa meninggalkan tiga kali sholat Jumat karena meremehkan, niscaya Allah menutup hatinya (HR At-Turmudzi, At-Thabarani, Ad-Daruquthni). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: