Iklan dempo dalam berita

Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

11 Cara mengurangi kebiasaan memegang handphone--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan informasi membuat semua hal semakin mudah dilakukan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya handphone (HP) sebagai alat yang dapat digunakan untuk menghubungi orang lain dari jarak jauh dengan cepat dan mudah.

Selain memudahkan kehidupan, penggunaan HP rupanya juga berpotensi memberi dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu dampak negatif yang mungkin secara tidak langsung kita sadari adalah adanya kecanduan penggunaan HP.

Kecanduan HP atau pemakaian ponsel secara berlebihan rupanya memberikan dampak buruk bagi kehidupan seperti timbulnya rasa malas beraktivitas atau bahkan yang lebih parah adalah melalaikan kewajiban yang seharusnya kita kerjakan.

BACA JUGA:Cairkan Dana Pensiun PNS di Taspen Tidak Ribet, Ini Cara Praktisnya

Saat ini mungkin banyak orang yang tak bisa terlepas dari HP. Semenit saja tidak lihat HP serasa pusing 7 keliling. Bahkan ada yang merasa ketakutan, kecemasan hingga cepat marah jika kurang mengakses HP, atau barangkali sehari tak memegang ponsel rasanya ada yang kurang.

Secara psikologis, kecanduan HP sebenarnya bukan diagnosis resmi yang diterima secara medis. Namun, ada kriteria yang digunakan para ahli untuk menggambarkan perilaku, perasaan, dan pikiran yang menunjukkan kurangnya kontrol atas penggunaan telepon.

Itu termasuk penggunaan telepon yang mengganggu komitmen dan hubungan, kurangnya akses ke ponsel menyebabkan ada ketakutan, lalu kecemasan atau lekas marah, dan terhambatnya kemampuan untuk berpikir secara mendalam atau kreatif.

BACA JUGA:Masih Ada Waktu, Jadwal Pendaftaran PPPK Guru 2023 Diperpanjang, Ini Linknya

“Mengabaikan potensi konsekuensi negatif atau komentar orang-orang terkasih tentang penggunaan ponsel Anda yang berlebihan adalah indikasi lain bahwa kita jelas-jelas telah menyeberang ke perilaku bermasalah," kata Lynn Bufka, Direktur Senior Transformasi Praktik dan Kualitas di American Psychological Association (APA).

Namun tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri kecanduan HP. Bila kamu jadi salah satu orang yang kesulitan beranjak dari layar ponsel, berikut 11 cara untuk memperbaikinya:

BACA JUGA:Tiba di Kampung Halaman, Isak Tangis Keluarga Iringi Pemakaman Korban Meninggal Jalinbar

1. Ketahui Alasan untuk Kurangi Penggunaan HP

Mungkin kamu tidak ingin mengurangi waktu penggunaan ponsel karena perangkat itu tampak lebih menghibur dan bermanfaat dari aktivitas lain.

“Tahu akan gunanya membatasi penggunaan telepon adalah bagian penting dalam mengembangkan dan mempertahankan motivasi intrinsik untuk membuat perubahan (dalam diri)," kata Dr. Smita Das, Ketua Dewan Asosiasi Psikiatri Amerika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: