Iklan dempo dalam berita

Ayah Bunda Jadi Contoh, Ini Strategi Ampuh Ajari Anak Menabung Sejak Dini

Ayah Bunda Jadi Contoh, Ini Strategi Ampuh Ajari Anak Menabung Sejak Dini

9 Cara mengajari anak menabung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Informasi menarik buat para orang tua. Ilmu menabung harus diajarkan sejak dini agar anak dapat tumbuh menjadi seseorang dengan keadaan keuangan yang sehat. 

Karena dengan menabung akan banyak manfaat yang dirasakan oleh anak-anak. Anak akan menjadi percaya diri dan orang tua tidak lagi was-was dalam mengawasi keuangan anaknya. 

Dengan mengetahui cara menabung akan meletakkan dasar yang baik untuk masa depan keuangan anak. Menurut beberapa sumber, menabung sangat penting untuk dilakukan sejak dini, karena menabung salah satu kebiasaan yang biasanya membutuhkan waktu. 

BACA JUGA:Ibu-ibu, Bansos PKH Kategori Balita Rp750.000 Cair Lagi Bulan Oktober

Bahkan beberapa orang dewasa masih bergulat dengan menguasai cara menghemat uang. Lantas apa saja cara orangtua dalam ajarkan anak menabung? Ini ulasannya:

1. Beri anak contoh

Sangat penting bagi orangtua memberikan contoh yang baik dan benar, karena anak-anak memandang orangtua mereka untuk banyak hal, terutama ketika mereka masih berusia di bawah 12 tahun. 

Cara terbaik untuk mempraktikkan apa yang kamu katakan adalah dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana hal itu dilakukan.

BACA JUGA:Oktober Bikin Senyum, Bansos PKH Tahap 4 Cair, Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka

2. Beri anak uang untuk ditabung

Jika kamu ingin mengajari anak cara menabung, biarkan mereka menghasilkan dan menyimpan uang dan beri mereka kesempatan untuk belajar bagaimana menggunakannya. 

Misalnya kamu dapat memberi mereka uang untuk tugas-tugas atau apa pun yang menurut kamu harus diberikan kepada mereka, sehingga kamu dapat memantau bagaimana mereka menggunakan uang itu dan apa yang mereka hemat darinya.

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: