Iklan dempo dalam berita

Ingat! Kalau COD Paket Rusak Jangan Dibayar, Kembalikan ke Kurir, Ini Metode COD Cek Dulu

Ingat! Kalau COD Paket Rusak Jangan Dibayar, Kembalikan ke Kurir, Ini Metode COD Cek Dulu

Kalau COD paket rusak jangan dibayar--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Masyarakat yang suka melakukan metode pembayaran cash on delivery (COD) atau bayar di tempat makin dimanjakan. Metode pembayaran COD memang menjadi pembicaraan sejak awal kehadirannya, dan langsung disukai masyarakat untuk berbelanja online.

Beberapa waktu lalu, ada masa di mana e-commerce dan kanal-kanal belanja online lain menggunakan metode COD untuk menarik pengunjung, mengunggulkan fleksibilitas dan kemudahan sistem, yakni membayar dengan uang tunai di tempat setelah paket diterima.

BACA JUGA:Suka COD? Ini Info Baru, Bisa Buka Dulu Paket Baru Bayar, Berikut Langkah COD Cek Dulu dari Shopee

Selain itu, COD juga terbukti mampu memiliki jangkauan lebih luas, tepatnya terhadap konsumen yang berada di daerah pelosok, atau yang jauh dari akses perbankan.

Metode pembayaran COD pun masih menjadi favorit. Metode pembayaran COD merupakan satu dari empat faktor pertimbangan bagi 37 persen responden saat memilih platform e-commerce untuk berbelanja online menurut survei.

BACA JUGA:RUU ASN Resmi Disahkan, Terjawab Sudah Kesenjangan Nasib Honorer hingga PPPK akan Terima Pensiunan

Metode COD itu berada persis di bawah faktor gratis ongkir yang dipilih oleh 71 responden. Riset yang sama menyebutkan, Shopee menjadi platform belanja online dengan metode pembayaran COD terbaik (60 persen), unggul dari Tokopedia (17 persen), TikTok Shop (12 persen) dan Lazada (9 persen).

Meski menjadi metode favorit, tak sedikit pengguna sistem COD yang menginginkan metode tersebut melibatkan proses pengecekan terlebih dahulu.

Saat ini, metode COD yang diterapkan adalah pembeli melakukan pembayaran terlebih dahulu. Jika barang tak sesuai, pengembalian harus dilakukan melalui aplikasi, bukan ke kurir.

BACA JUGA:Jelang Penetapan DCT, 6 Partai Politik di Kepahiang Ganti Bacaleg

Karena itu, kerap terjadi dampak yang membuat semua pihak jadi tak nyaman, baik pembeli, penjual, maupun kurir. Melihat kenyataan ini, di mana metode COD sering dipilih oleh pembeli di kota-kota kecil, Shopee pun meluncurkan inovasi COD Cek Dulu sebagai jawaban atas ketidaknyamanan menggunakan metode tersebut.

Melalui inovasi COD Cek Dulu, pengguna dapat mengecek kesesuaian produk dengan deskripsi atau foto produk sebelum melakukan pembayaran kepada kurir.

Jika pembeli mendapatkan produk tidak sesuai dengan deskripsi maupun foto, atau pesanan datang dalam kondisi rusak, paket dapat langsung dikembalikan ke kurir tanpa perlu membayar.

BACA JUGA:Jelang Penetapan DCT, 6 Partai Politik di Kepahiang Ganti Bacaleg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: