Iklan dempo dalam berita

18 Hole, Ini Lapangan Golf Terbaik di Bengkulu

18 Hole, Ini Lapangan Golf Terbaik di Bengkulu

Lapangan Golf Terbaik di Bengkulu--

MUKOMUKO, RBTV.COM – Bagi penyuka permainan golf, boleh mencoba lapangan golf yang terletak di Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko.

Kabupaten Mukomuko sendiri berjarak sekitar 6 jam perjalanan darat dari Kota Bengkulu. Terpatnya di ujung barat Provinsi Bengkulu, berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

BACA JUGA:Lima Pelaku Curas di Lapangan Golf Dibekuk

Lapangan golf di Kabupaten Mukomuko ini dibangun perusahaan PT Agro Muko. Luas lapangan golf mencapai 18 hektare, dengan 18 hole. Dibangun tahun 1993, lalu selesai pembangunan dan dioperasikan tahun 1998.

Lapangan golf ini dibuka untuk umum. Jika ingin bermain, cukup izin ke pengelola PT Agro Muko. Bahkan saking indah dan asrinya lapangan ini, kalua tidak ada permainan, digunakan masyarakat untuk foto prewedding. Bahkan untuk foto keceriaan.

Ketua Mukomuko Profesional Golf (MPG) Agus Harvinda mengungkapkan, lapangan golf ini sudah standar pemain profesional. Dia mengklaim, lapangan golf itu terbaik di provinsi Bengkulu. Keindahan dan kebersihan sangat dijaga oleh pengelola. Setiap hari libur, ramai pejabat dan warga yang hobi golf bermain ke sana.

BACA JUGA:Ada Aturan Tanding Baru, Pengcab IPSI Seluma Kumpulkan Perguruan Silat

"Saat ini yang tergabung menjadi member di MPG sudah ada 50 orang. Bahkan salah seorang member MPG pernah menjuarai turnamen golf di Bogor beberapa waktu lalu. MPG juga setiap tahunnya mengadakan turnamen golf di lapangan ini,” terang Agus Harvinda.

Agus mengajak dan mengimbau masyarakat, khususnya para pemuda untuk bergabung di MPG jika ada kemauan memperdalam olahraga golf.

"Stigma kalau olahraga golf ini adalah olahraga mahal tidaklah benar. Bagi adik-adik yang ingin bergabung, pihak Agro Muko pun juga menyiapkan fasilitas, seperti dipinjamkan stik dan bola golf," pungkas Agus.

BACA JUGA:Pertandingan Voli Ricuh, Hakim Garis Kena Lemparan Batu

Istilah-Istilah Golf

Dalam bermain golf diperlukan keterampilan dan pemahaman mengenai aturan mainnya. Di samping itu, bagi pemain golf harus menguasai istilah-istilajh di dalamnya. Layaknya permainan olahraga pada umumnya, golf juga memiliki beberapa istilah yang sering dipakai dalam permainan golf.

Istilah-istilah dalam golf sebagian besar menggunakan bahasa Inggris. Karena itu, berikut istilah-istilah yang harus dipahami para pegolf profesional dan amatir, sebagaimana dilansir dari help.18birdies.com:

Approach Shot

Tembakan yang dilakukan pemain golf yang ditujukan untuk mencapai green.

Birdie

Istilah ini menuju pada skor satu angka dalam satu hole kurang dari par.

Bogey

Berkebalikan dengan istilah birdie, bogey berarti skor satu angka dalam satu hole yang melebihi par.

Bunker

Bunker merupakan halangan berupa cekungan berisi pasir atau rumput guna memberikan hambatan dalam permainan golf. Bunker biasanya terletak sebelum hole dan sebagian besar hole memiliki bunker.

Caddie

Orang-orang yang disewa para pemain golf yang bertugas membantu pemain golf dan membawa stik golf

Club

Stik dalam permainan golf juga disebut sebagai club yang berfungsi memukul bola golf. Terdapat tiga jenis club dalam permainan golf, yaitu iron, putter, dan wood.

Eagle

Eagle merupakan istilah yang merujuk pada skor dua di bawah par.

Flag

Penanda hole di lapangan

Fore

Sebuah teriakan yang dibuat oleh pemain golf untuk memperingatkan orang lain ketika ada kemungkinan bola akan mengenai pemain atau penonton lain.

Green

Green adalah area rumput yang dipangkas di ujung setiap hole

Mulligan

Istilah tidak resmi dari pemukulan kembali (re-hit) atau melakukan kembali (re-do ) 

Out of Bonds

Area ketika bola berada di luar  batas kemampuan pemain golf untuk melakukan pukulan atau disebut juga sebagai taruhan putih.

Par

Jumlah pukulan uang harus dilakukan oleh pemain golf untuk menyelesaikan hole.

Tee Box

Area yang menandakan permainan dimulai oleh seorang pemain.

Water Hazard

Rintangan berupa aliran air atau kolam yang berada di sebuah lapangan golf berguna untuk memberikan rintangan pada pemain golf yang dibuat secara sengaja atau bersifat alami.

Selain di Kabupaten Mukomuko, ada lapangan golf lagi di Provinsi Bengkulu. Yakni di Kawasan Lingkar Barat Kota Bengkulu. Lapangan golf ini cukup luas, terletak dekat dengan pusat kota dan tempat wisata. Jika hari libur, juga ramai didatangi pehobil golf. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: