Iklan dempo dalam berita

Harus Tahu, Begini Cara Menghadapi Orang yang Sedang Sakaratul Maut Menurut Islam

Harus Tahu, Begini Cara Menghadapi Orang yang Sedang Sakaratul Maut Menurut Islam

Hal yang harus dilakukan ketika menemani orang yang sedang sakaratul maut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mungkin adakalanya kita akan menghadapi orang yang sedang sakaratul maut. Secara umum, sakaratul maut diartikan rasa sakit dan kepayahan menjelang atau detik-detik meninggal dunia.

 

Dalam buku Makna Kematian Menuju Kehidupan Abadi karya KH. Muhammad Sholikhin, Imam Ghazali pernah mengatakan bahwa sakaratul maut adalah ungkapan rasa sakit yang menyerang inti jiwa dan menjalar ke seluruh bagian jiwa sehingga tiada satu pun bagian jiwa yang terbebas dari rasa sakit tersebut.

 

Sebaiknya, ketika seseorang sedang menghadapi sakaratul maut, ada orang lain yang mendampingi. Sangat baik jika orang yang mendampingi itu adalah keluarga terdekatnya. Anak, istri, suami atau orang tua.

BACA JUGA:Tanda Ajal Sudah Dekat, 100 Hari Menjelang Kematian Tubuh Terasa Dingin dan Menggigil

 

Tidak hanya mendampingi, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika mendampingi atau menemani orang yang sedang sakaratul maut.

 

Mengutip dari buku Fiqih Sunnah Jilid 2 karya Sayyid Sabiq, berikut ini adalah hal yang harus dilakukan saat menghadapi orang sakaratul maut:

 

1. Menalqin

Jika menghadapi orang yang sakaratul maut, bantu dirinya untuk mengucapkan kalimat tauhid. Hal ini sebagaimana menurut hadits dari Imam Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi yang meriwayatkan dari Abu Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: