Iklan dempo dalam berita

3 Doa Bagi Orang yang Punya Banyak Utang, InsyaAllah Lunas

3 Doa Bagi Orang yang Punya Banyak Utang, InsyaAllah Lunas

3 doa untuk melunasi utang yang menumpuk--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Utang adalah sesuatu yang wajib dibayarkan, sesuai dengan kesepakatan atau perjanjian dengan orang yang diutangi. 

Agama Islam sendiri tidak melarang berutang. Bahkan Rasulullah SAW pernah berutang saat menghadapi keadaan yang mendesak.

Meski demikian, perlu diingat bahwa perilaku berutang jangan sampai menjadi suatu kebiasaan. Tak perlu berutang apabila tidak terlalu dibutuhkan. 

Apabila telah terlanjur berutang, diharapkan untuk melunasi utang tersebut tepat waktu, walaupun utang itu sebesar Gunung Uhud. Karena orang yang lalai membayar utang di dunia akan terus merugi sampai hari kiamat tiba.

BACA JUGA:Jika Mencintai Seseorang Namun Bertepuk Sebelah Tangan, Coba Pakai Doa Abu Nawas Ini

Bacaan doa agar utang bisa lunas beserta artinya dalam Islam patut untuk diketahui dan diamalkan, terutama bagi yang sedang ingin terbebas dari jeratan utang. 

Utang merupakan beban yang wajib untuk dilunasi. Alasan orang utang bermacam-macam, dan umumnya utang diambil sebagai jalan alternatif untuk suatu keperluan yang amat mendesak.

Utang adalah perkara yang harus diselesaikan hingga tuntas, terkecuali jika si pengutang telah dibebaskan dari peminjamnya. Menurut Siti ‘Aisyah, Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah agar terlepas dari jeratan utang, sebagaimana yang diriwayatkan al-Humaidi dalam Musnad-nya, nomor hadis 246.

Sebagai cara melunasi utang, berbagai ikhtiar harus dilakukan. Selain bekerja keras agar utang bisa segera terlunasi, bisa membarenginya dengan berdoa kepada Allah SWT. 

BACA JUGA:Pakai Cara Abu Nawas kalau Ada Teman Sulit Bayar Utang, Dijamin Langsung Lunas

Hendaknya seorang mukmin berpikir ketika hendak meminjam kepada orang lain. Pertama, seberapa perlu utang ini, kemudian apakah itu kebutuhan mendesak, atau kebutuhan mewah, kebutuhan yang sepadan, dan kebutuhan akan hal-hal yang tidak bernilai. 

Jika utang itu merupakan kebutuhan atau kebutuhan mendesak yang dibutuhkan, maka ambillah dari utang itu sebanyak yang mampu kita lunasi. Rasulullah SAW mengajarkan kita doa-doa agar utang cepat lunas, meskipun jumlah utang tersebut sebesar Gunung Uhud. 

Berikut 3 doa yang Diajarkan Rasulullah SAW:

1. Doa yang diajarkan kepada Ali bin Abi Thalib RA.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: