Iklan dempo dalam berita

Kartu Prakerja 2023 untuk 1 Juta Orang, Ini Besaran Insentifnya

Kartu Prakerja 2023 untuk 1 Juta Orang, Ini Besaran Insentifnya

--

JAKARTA, RBTV.COM –  Kabar baik bagi masyarakat Indonesia, sebab pemerintah akan membuka kembali pendaftaran Kartu Prakerja 2023. Anda berkesempatan mendapatkan insentif yang lebih besar yaitu senilai Rp4,2 juta.

Prakerja 2023 akan lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

BACA JUGA:Ada Lowongan Pekerjaan Untuk 49.459 Orang, Ini Jadwal Pendaftarannya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Cipta Kerja dalam Rapat Komite Cipta Kerja menyampaikan itu, Senin, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi COVID 19,” kata Menko Ekon, dikutip dari laman Kemenko Perekonomian, dan Setkab RI.

Kartu prakerja 2023 akan dibuka bagi 1 juta peserta yang lolos seleksi. Kemudian, yang bisa daftar program ini yaitu masyarakat yang sudah berusia 18 hingga 64 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

BACA JUGA:Pemkab Lebong Cari Dokter Hewan Hingga Ahli Komputer, Ini Daftar Lowongannya

Pendaftar yang ingin lolos seleksi setidaknya harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Syarat yang ditetapkan bisa jadi berbeda dengan pembukaan tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya, syarat yang sudah menerima bansos tidak dapat mengikuti seleski Kartu Prakerja, namun di tahun 2023, bagi pendaftar penerima bansos diperbolehkan dan kemungkinan akan lolos.

Sebab, di tahun 2023 program Kartu Prakerja tersebut menerapkan skema normal, yang artinya bukan lagi skema semi-bansos, dan lebih fokus pada peningkatan skill.

BACA JUGA:Info Penting, Ada Lowongan untuk 49.549 Orang

Jika Anda ingin lolos seleksi, Anda harus memenuhi syarat, dan mengikuti ketentuan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak pelaksana.

Bagi peserta yang lolos seleksi, nantinya akan mendapatkan insentif senilai Rp4,2 juta yang dibagi menjadi Rp3,5 juta untuk membeli pelatihan, Rp600.000 diberikan pasca pelatihan, dan insentif Rp100.000 diberikan setelah pengisian survey evaluasi.

Jika pendaftaran Kartu Prakerja tahun 2023 sudah dibuka, Anda bisa langsung daftar dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: