Iklan dempo dalam berita

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga, Benarkah? Simak Penjelasannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Allah telah mempersiapkan surga bagi umat manusia yang hidup sesuai dengan apa yang ajaran-Nya. 

Surga merupakan tempat di mana manusia menjalani kehidupan kekal dengan penuh kebahagiaan dan tanpa adanya rasa kesedihan seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يَنْعَمُ لَا يَبْأَسُ لَا تَبْلَى ثِيَابُهُ وَلَا يَفْنَى شَبَابُهُ

“Dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad SAW, beliau telah bersabda, “Orang yang masuk surga itu selalu berada dalam kenikmatan tanpa ada kesedihan. Pakaiannya tidak pernah kusut dan senantiasa awet muda. (Muslim 8:148)”

BACA JUGA:Keluarga Harus Rukun agar Rumah Menjadi Surga, Selalu Amalkan Sholawat Ini

Surga memiliki 8 tingkatan dan setiap orang akan memasuki salah satu tingkatan sesuai dengan hal baik apa saja yang diperbuat selama masa hidupnya di dunia. Adapun 8 tingkatan surga itu dimulai dari yang tertinggi yaitu Surga Firdaus, Surga ‘Adn, Surga Na’im, Surga Ma’wa, Surga Darussalam, Surga Darul Muqamah, Surga Al-Maqamul Amin, dan Surga Khuldi.

Bagi manusia yang tidak menjalankan hidupnya sesuai dengan ajaran Allah SWT, maka mereka sudah sepantasnya tinggal di alam akhirat yang penuh dengan ratap tangis dan penyiksaaan. Hal ini tertulis dalam kitab Al Anfal ayat 50, yaitu:

وَلَوْ تَرَىٰ إِذْ يَتَوَفَّى الَّذِينَ كَفَرُوا ۙ الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُمْ وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ

“Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar.”

BACA JUGA:Amal Saleh Bukan Penentu Seseorang Muslim Masuk ke Dalam Surga, Lantas Apa?

Sama seperti surga, neraka juga memiliki tingkatannya sendiri. Namun, tingkatan neraka berbeda dengan tingkatan surga di mana semakin tinggi tingkatan neraka, maka siksaan yang diterima akan semakin kejam sedangkan semakin tinggi tingkatan surga, maka nikmat yang dirasakan akan lebih banyak.

Neraka memiliki 8 tingkatan. Berikut ini merupakan tingkatan neraka dimulai dari yang paling tinggi yaitu Neraka Jahanam, Neraka Jahim, Neraka Saqar, Neraka Sair, Neraka Hutamah, Neraka Wail, Neraka Ladza, dan Neraka Hawiyah. Siapapun tidak akan pernah bisa membayangkan seberapa keji siksaan yang akan diterima apabila seseorang memasuki Neraka Jahanam.

BACA JUGA:Dari Ustadz Adi Hidayat, Begini Amalannya agar Satu Keluarga Masuk Surga

Umat Muslim Masuk Neraka Dulu Sebelum Surga? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: