Iklan dempo dalam berita

Tahun Baru, Ada Pekan Gurita di Pantai Laguna

Tahun Baru, Ada Pekan Gurita di Pantai Laguna

Warga Merpas persiapkan event Pekan Gurita--

KAUR, RBTV.COM - Awal Tahun Baru 2023 Minggu (1/1) mendatang, Akar Foundation bersama Pemkab Kaur dan warga Merpas akan menggelar event Pekan Gurita. 

BACA JUGA:Malam Tahun Baru Warga Kota Bengkulu Dilarang ke Pantai, Disuruhnya ke Sini...

Event ini untuk mengkampayekan konservasi gurita di wilayah Pesisir Kaur, dan mengenalkan konsep Community Based Marine Management (CBMM) atau dikenal dengan pengelolaan wilayah laut dan pesisir berbasis masyarakat. 


Warga Merpas persiapkan event Pekan Gurita--

Dalam kegiatan Pekan Gurita ini juga, Akar Foundation akan menampilkan hasil kinerja yang telah dilakukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan Gurita Ujung Lancang yang menjadi dampingan Akar Foundation terkait metode baru tangkap Gurita. 

BACA JUGA:Tegas, PT Pamor Ganda Didesak Serahkan Lahan ke Warga

Marwan Kudus Koordinator Tata Kelola Wilayah Rakyat Akar Foundation menjelaskan, Metode Temporary Closure bertujuan meningkatkan hasil tangkap gurita dengan bobot 2 sampai 3 kilogram. Dengan cara menutup sementara lokasi tangkap nelayan selama 3 bulan. 

"Metode ini butuh komitmen untuk mencapai hasil yang diinginkan, tentunya ini sudah melalui uji coba kita bersama KUB dan hasilnya sangat berdampak positif terhadap nelayan," kelas Marwan. 

BACA JUGA:Ingin Rayakan Tahun Baru, Kapolres Mukomuko Ingatkan Ini

Marwan menambahkan, sebelumnya nelayan hanya mendapat gurita dengan bobot 8-9 ons. Namun dengan adanya metode konservasi, masyarakat dapat memperoleh gurita dengan bobot yang lebih besar sehingga kegiatan ini mendapat dukungan penuh Pemkab Kaur. (Febrianto Romadhon) 

BACA JUGA:Hatiku Hancur, Ibu dan Suamiku Tega Berbuat Begitu Hingga Digerebek Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: