Iklan dempo dalam berita

Awas Septic Tank di Rumah Anda Bisa Meledak, Begini Cara Mencegahnya

Awas Septic Tank di Rumah Anda Bisa Meledak, Begini Cara Mencegahnya

Penting diperhatikan agar septic tank tidak meledak --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap rumah pasti memiliki septic tank. Walaupun fungsinya sangat penting, namun seringkali kita mengabaikannya.

Padahal selama ini cukup sering kita mendengar kejadian septic tank meledak. Kejadian seperti ini seharusnya menjadi pembelajaran bagi kita agar tidak mengalami hal serupa. 

Baca artikel ini sampai selesai agar Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah risiko septic tank meledak. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 tahun 2014 mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, septic tank atau tangki septik adalah bak kedap air yang memiliki fungsi untuk menampung limbah kotoran manusia.

BACA JUGA:Jika Sertifikat Tanah Hilang, Ini yang Harus Anda Lakukan

Tangki septik terbagi menjadi dua, yakni tangki septik tercampur dan terpisah. Kedua jenis tangki septik tersebut memiliki fungsi yang sama dalam menguraikan limbah organik dan memisahkan padatan dari cairan.

Namun, perbedaan utamanya terletak pada sumber limbah yang diproses. Tangki septik sistem terpisah biasanya lebih kecil dan lebih fokus pada pengolahan limbah kotoran manusia. Sementara tangki septik sistem tercampur lebih besar dan mampu mengolah limbah dari berbagai sumber air rumah tangga.

Penyebab Septic Tank Meledak

1. Minimnya ventilasi dan sifon

Sistem ventilasi yang tidak memadai pada tangki septik dapat menyebabkan akumulasi gas metana yang berbahaya di dalamnya. Jika gas metana terperangkap dan tidak dikeluarkan dengan baik, tekanan gas dapat meningkat dan risiko ledakan semakin besar. 

Perlu kamu ketahui bahwa sistem sifon yang tidak berfungsi dengan baik, juga dapat menyebabkan penumpukan gas berbahaya.

BACA JUGA:Tak Perlu Bingung, Begini Cara Memecah Sertifikat Tanah dan Syaratnya

2. Penggunaan bahan kimia yang terlalu berlebih

Penggunaan bahan kimia yang berlebihan dalam tangki septik, seperti pembersih atau penghilang bau yang mengandung bahan kimia berbahaya, nyatanya dapat mengganggu keseimbangan alami dalam proses penguraian limbah. 

Hal ini juga dapat memicu timbulnya reaksi yang tidak diinginkan dan mempercepat produksi gas yang berpotensi meledak di dalam tangki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: