Iklan dempo dalam berita

Nekat, Walaupun Badan Kurus tapi Abu Nawas Mau Memindahkan Masjid Sendirian

Nekat, Walaupun Badan Kurus tapi Abu Nawas Mau Memindahkan Masjid Sendirian

Kisah abu nawas ingin memindahkan masjid sendirian--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Abu Nawas adalah seorang penyair terkenal dan tokoh klasik dalam sastra Arab. Nama aslinya adalah Abu Ali al-Hasan bin Hani al-Hakami, lahir sekitar tahun 756 Masehi di kota Ahvaz, Persia (sekarang Iran). Ia hidup pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah di Baghdad.

Abu Nawas dikenal sebagai seorang penyair yang sangat berbakat dan jenius dalam mengolah kata-kata. Karya-karyanya meliputi berbagai jenis puisi, seperti syair, ghazal, dan qasidah. Ia juga terkenal dengan kecerdasan dan kecerdikan humoranya yang khas. 

Meskipun karya-karyanya banyak berkisah tentang cinta, keindahan alam, dan keagamaan, Abu Nawas juga terkenal dengan puisi-puisi dan cerita lucunya yang mengkritik kehidupan sosial dan politik pada zamannya.

Salah satu kisahnya yang menarik untuk diulas, yaitu saat Abu Nawas berhasil mengangkat masjid dan memindahkannya. Bagaimana Abu Nawas melakukan hal itu, berikut kisahnya.

BACA JUGA:Jika Punya Atasan Pelit, Sabar saja, Jangan Seperti Abu Nawas Sampai Minum Racun

Dikisahkan. Pada masa pemerintahan raja Harun al Rasyid, hiduplah seorang cerdik cendikia yang bernama Abu Nawas, dia adalah orang yang sangat sangat cerdik. Karena kecerdikannya ia diangkat menjadi penasehat raja Harun ai Rasyid.

Suatu ketika Baginda Raja dan penasehatnya ini sedang duduk-duduk di teras masjid sambil berbincang-bincang mengenai rencana Baginda yang akan memperluas bangunan istana, namun hal itu terkendala oleh letak masjid yang bakal terkena dampak

perluasan istana tersebut. Kemudian Baginda Raja pun meminta saran kepada Abu Nawas sang penasehat. “Bagaimana pendapatmu penasehat caranya memindahkan masjid ini, tapi jangan sampai masjid ini . rusak karena saya suka akan keindahan masjid ini,” kata Baginda Raja.

BACA JUGA:Pernah Lihat Hewan Berkaki Tiga? Abu Nawas Untung Besar karena Hewan Itu

Mendapat pertanyaan begitu Abu nawas pun berpikir sejenak. “Begini Baginda, bagaimana kalau  raja membuat sayembara, barang siapa yang bisa memindahkan. masjid Ini raja akan memberikan hadiah yang besar,” ujar Abu Nawas dengan saran penasehat ini  Baginda Raja pun setuju.

‘Baiklah kalau begitu segera umumkan kepada rakyat, barangsiapa yang dapat memindahkan masjid tanpa ada kerusakan Sedkitpun maka akan kuberi unta sebanyak 50 ekor,” kata Baginda Raja.

Maka diumumkanlah sayembara Baginda Raja ini ke masyarakat, sehingga gemparlah rakyat atas sayembara raja tersebut Banyak rakyat yang mendaftar dengan team-team yang bervariasi jumlahnya. Sehingga pada hari yang telah ditentukan maka seluruh rakyat berkumpul di depan masjid yang akan dipindahkan.

“Wahai rakyatku yang kucintai, aku mengadakan sayembara ini untuk membuat sebuah istana supaya lebih megah sehingga bangsa lain akan lebih hormat dengan negara kita. Barangsiapa yang mampu memindahkan masjid ini maka saya akan berikan kepadanya 50 ekor unta yang gemuk-gemuk,” kata Baginda Raja Harun al Rasyid.

BACA JUGA:Jika Mencintai Seseorang Namun Bertepuk Sebelah Tangan, Coba Pakai Doa Abu Nawas Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: