Iklan dempo dalam berita

Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Dianggap Tidak Berguna, Begini Manfaat Lumut untuk Kesehatan dan Lingkungan

Lumut memiliki manfaat untuk kesehatan dan lingkungan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Lumut biasa kita temukan di tempat yang lembap. Terkadang menempel di bangunan rumah atau di tempat lainnya. Selama ini banyak kita menganggap jika lumut tidak berguna sehingga dibuang begitu saja.

Padahal bagi umat Islam sudah lama tahu tidak ada satupun ciptaan Tuhan yang tidak berguna. Begitu juga dengan lumut. 

Tumbuhan lumut terdiri dari sekumpulan tumbuhan kecil. Tumbuhan ini menjadi pelopor sebelum akhirnya ada tumbuhan lain yang tumbuh di tempat tersebut. 

BACA JUGA:Rahasia Terbongkar, Mau Rezeki Keluarga Mengalir Deras, Syaratnya Benda Ini Harus Ada di Dapur

Walaupun ukurannya kecil, namun tumbuhan ini mampu membuat koloni dan mampu tumbuh menjangkau area yang sangat luas. Tumbuhan ini memiliki peranan penting dalam ekosistem. 

Tumbuhan ini memiliki peranan dalam menyediakan oksigen untuk tumbuhan lain, mengingat tumbuhan lumut memiliki sifat sel yang menyerupai spons untuk menyerap air. Tumbuhan ini selalu menjadi perintis untuk tumbuh di tempat yang tidak disukai tanaman pada umumnya.

Tumbuhan lumut bisa kita jumpai di tempat-tempat lembap. Lumut yang halus dan juga licin kadang membuat kita terpeleset saat menginjaknya. Namun tahukah Anda bahwa tumbuhan ini sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. 

BACA JUGA:Selain Kejadian Aneh, Tanda Keberadaan Mahluk Halus di Rumah juga Bisa dari Dua Hewan Berikut

Manfaat Tumbuhan Lumut bagi Dunia Medis

Beberapa jenis tumbuhan lumut dijadikan obat untuk mengatasi beberapa penyakit. Jenis tumbuhan lumut yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan adalah lumut daun dan juga lumut hati. 

Jenis lumut ini, bisa dijadikan obat untuk membantu kesehatan manusia seperti:

1. Sebagai bahan pembuatan obat kulit

Hal ini pertama kali di lakukan negara China, pada zaman dahulu lumut di jadikan masyarakat China untuk membuat ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit kulit.

2. Bahan pembuatan obat mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: