Iklan dempo dalam berita

5 Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur, Termasuk Perkara Buang Air

5 Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur, Termasuk Perkara Buang Air

5 perbuatan yang bisa mengundang siksa kubur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pupuk terus pahala dan jauhkan diri dari perbuatan yang dilarang. Dengan demikian, nantinya kita akan terbebas dari siksa kubur.

Siksa kubur nyata keberadaannya. Bahkan Rasulullah SAW mengajarkan muslim bacaan doa agar terhindar dari siksa kubur tersebut yang pedihnya tergambar dalam surah Al An'am ayat 93,

وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ قَالَ اُوْحِيَ اِلَيَّ وَلَمْ يُوْحَ اِلَيْهِ شَيْءٌ وَّمَنْ قَالَ سَاُنْزِلُ مِثْلَ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ ۗوَلَوْ تَرٰٓى اِذِ الظّٰلِمُوْنَ فِيْ غَمَرٰتِ الْمَوْتِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوْٓا اَيْدِيْهِمْۚ اَخْرِجُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ اَلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُوْنِ بِمَا كُنْتُمْ تَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنْتُمْ عَنْ اٰيٰتِهٖ تَسْتَكْبِرُوْنَ

Artinya: "Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, "Telah diwahyukan kepadaku," padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya dan orang yang berkata, "Aku akan mendatangkan seperti yang diturunkan Allah." Seandainya saja engkau melihat pada waktu orang-orang zalim itu (berada) dalam kesakitan sakratulmaut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sembari berkata), "Keluarkanlah nyawamu!" Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya."

BACA JUGA:Kematian Pasti Tiba, Pesan Gus Baha Baca Surat Ini agar Terbebas dari Siksa Kubur

Ditambah lagi, amalan semasa hidup di dunia menjadi satu-satunya bekal yang akan mengiringi muslim di alam kubur. Rasulullah SAW bersabda,

يتْبعُ الميْتَ ثلاثَةٌ: أهلُهُ ومالُه وعمَلُه، فيرْجِع اثنانِ ويبْقَى واحِدٌ: يرجعُ أهلُهُ ومالُهُ، ويبقَى عملُهُ

Artinya: "Mengiringi mayat (ke kuburannya) diikuti oleh tiga perkara. Maka pulang kembali dua perkara dan tetap tinggal bersamanya satu perkara. Mayat diiringi oleh keluarganya, hartanya, dan amalnya. Maka pulang kembali keluarga dan hartanya dan tetap tinggal amal perbuatannya," (HR Bukhari dan Muslim).

Untuk itu, ada baiknya bagi muslim dapat menghindari 5 perkara berikut yang disebut dalam hadits sebagai perkara yang menjadi penyebab seseorang mendapat siksa kubur. Apa saja perkara yang dimaksud?

BACA JUGA:5 Orang yang Terbebas dari Siksa Kubur, Nomor 2 Sangat Mudah Dikerjakan

5 Perkara Penyebab Siksa Kubur

1. Meninggalkan Sholat

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mengatakan dalam Kitab Ash Shalah, kaum muslimin sepakat bahwa meninggalkan sholat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras.

Lebih lanjut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menjelaskan, orang yang meninggalkan sholat akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah SWT serta mendapatkan kehinaan di dunia dan di akhirat. Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah menceritakan hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: