Iklan dempo dalam berita

Cerita Bangunan Bersejarah, Masjid Istiqlal Ternyata Dirancang Orang Non Muslim

Cerita Bangunan Bersejarah, Masjid Istiqlal Ternyata Dirancang Orang Non Muslim

Masjid Istiqlal yang nan megah itu ternyata dirancang orang non muslim--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada banyak bangunan bersejarah di Indonesia. Bangunan itu tidak hanya masih bisa kita temui sampai sekarang, namun juga ada banyak cerita dibaliknya.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan sangat terkenal, sama seperti Candi Borobudur. Lokasi Candi Prambanan ada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini sebagai persembahan pada tiga dewa utama Hindu atau Trimurti yang terdiri dari Brahma, Wishnu, dan Siwa. 

Menurut prasasti Siwagrha, Candi Prambanan mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan. Pembangunan candi itu lantas dikembangkan serta diperluas oleh Balitung Maha Sambu pada masa kerajaan Medang Mataram. 

BACA JUGA:Segudang Manfaat, Secangkir Teh Tawar Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Pembangunan awal itu terus disempurnakan oleh raja-raja Medang Mataram berikutnya seperti raja Daksa dan Tulodong. Pembangunan itu terus diperluas hingga ada ratusan candi-candi tambahan di sekitar candi utama. 

Pada masa kejayaannya, Candi Prambanan berfungsi sebagai candi agung tempat berbagai upacara penting digelar. Selain itu, ratusan pendeta dan muridnya berkumpul di Candi Prambanan dalam rangka mempelajari kitab Weda dan melaksanakan ritual.

Candi Prambanan dikenal sangat kental dengan legenda kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. 

Legenda tersebut menceritakan kisah cinta tak sampai akibat kegagalan memenuhi syarat yang mustahil. Semua berawal saat dahulu kala ada sebuah kerajaan bernama Prambanan yang rakyatnya hidup tentram. 

Namun, suatu hari kerajaan Prambanan diserang oleh negeri Pengging. Ketentramannya pun terganggu. Kerajaan Pengging ternyata memiliki seorang pangeran yang sakti mandraguna bernama Bandung Bondowoso. 

BACA JUGA:Meski Praktis, Ada Bahaya Dibalik Popok Bayi, Kenali Tandanya

Saking saktinya, Bandung Bondowoso memiliki pasukan dari jenis jin menyerang Prambanan. Prambanan yang tak punya persiapan apapun akhirnya kalang kabut dan tak berhasil menyelamatkan wilayahnya. 

Raja Baka yang turun berperang secara langsung memimpin pasukan Prambanan tewas dalam perang tersebut. Setelah perang berakhir, Bandung Bondowoso menempati istana Prambanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: