Iklan dempo dalam berita

6 Cara Membersihkan Tandon Air Berlumut, Ternyata juga Bisa Pakai Air Panas

6 Cara Membersihkan Tandon Air Berlumut, Ternyata juga Bisa Pakai Air Panas

6 cara membersihkan tandon air dari lumut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap hunian memerlukan tangki air atau tandon. Hal tersebut berguna untuk menampung air dan memastikan ketersediaan pasokan air, khususnya dalam kondisi tertentu. Namun, terkadang ada lumut yang keluar bersamaan dengan air. 

Biasanya, lumut tersebut ikut keluar karena tandon terkena paparan sinar matahari langsung atau memang air baku yang digunakan kotor.

BACA JUGA:Mau Beli Rumah? Ajukan saja KPR di BPJS Ketenagakerjaan, Cukup Penuhi 8 Syarat Ini

Jika tidak rutin dibersihkan, lumut akan tumbuh semakin banyak sehingga membuat air di toren menjadi kotor dan bau. Bukan hanya itu, 

Maka dari itu, tandon air harus dibersihkan secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Pengurasan tandon setidaknya selama 6 bulan sekali. Namun, jika pertumbuhan lumut sangat cepat maka bisa dilakukan 3-4 bulan sekali. 

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga juga Bisa Bersihkan Toren Air, Bahannya Pakai Air Cuka atau Air Sitrun

Namun, wadah air ini berukuran besar sehingga sulit dibersihkan. Tak perlu khawatir, karena berikut ini ada cara yang bias dilakukan untuk membersihkan lumut di tandon air yang bisa dilakukan di rumah.

Jadi, untuk membersihkan tandon air lumut tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan sabun dan air panas

Membersihkan tandon air dengan sabun terbilang cukup mudah, yakni Anda hanya perlu membuang seluruh air yang masih tertampung di dalam tandon dengan membuka penutupnya.

Selanjutnya, sikat dinding bagian dalam tandon menggunakan sabun pencuci piring.

BACA JUGA:Manfaat Air pH Tinggi Bagi Tubuh, Ini 7 Waktu yang Disarankan untuk Minum Air pH Tinggi

Apabila tubuh Anda memungkinkan untuk masuk ke dalam tandon, maka masuklah agar bisa menyikat dinding tandon dengan optimal.

Biasanya, lumut yang berkerak akan tidak mudah terkelupas hanya dengan sabun. Untuk membersihkkanya, guyurkan air panas lalu sikat lagi dengan sabun pencuci piring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: