Iklan dempo dalam berita

Direkomendasikan Gus Baha, Berikut Waktu yang Paling Mustajab Berdoa

Direkomendasikan Gus Baha, Berikut Waktu yang Paling Mustajab Berdoa

Anjuran waktu dari Gus Baha agar doa cepat dikabulkan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pada bulan ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Salah satunya tentu berdoa.

Harapannya, keutamaan dan kemuliaan bulan ramadan akan membuat doa kita akan dikabulkan Allah SWT.

Lebih dari itu, ternyata ada waktu-waktu istimewa kapan sebaiknya doa dipanjatkan, terlepas bulan ramadan maupun di luar itu.

Mengutip laman NU, Rais Syuriah PBNU, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan jika doa di waktu mustajabah harus diprioritaskan dibandingkan waktu lainnya. Salah satu waktu ijabah yaitu sepertiga malam, yang biasanya digunakan untuk sahur dan shalat tahajud.

BACA JUGA:Tidak Perlu Takut Miskin, Amalkan Sholawat Ini, Rezeki Mengalir Lancar Utang Cepat Lunas

“Saya itu mendoakan buyut-buyut itu di waktu ijabah. Waktu ijabah itu pukul 03.00 atau 03.30 WIB,” jelasnya saat haul Masyayikh Pondok Damaran 78 di Pondok Pesantren Mazroatul Ulum, Kudus.

Gus Baha menjelaskan, alasannya lebih memprioritaskan doa di waktu mustajab karena sesuai dengan tuntunannya Allah dan Rasul-Nya. Sehingga secara sanad dan dalil memiliki jalur yang jelas serta kuat. Selain itu, Allah juga memberikan perhatian khusus pada waktu tersebut.

Adapun waktu ijabah yang diajarkan Nabi Muhammad yaitu waktu sepertiga malam, hari Jumat, saat puasa, dan berbuka puasa. 

Waktu mustajab lainnya yaitu saat sujud dalam shalat, antara adzan dan iqamah, malam lailatul qadr, dan setelah shalat fardlu.

BACA JUGA:Selain Sholawat, Tolong Baca juga Dzikir Ini agar Utang Cepat Lunas

“Saya itu kalau mendoakan orang yang dihormati habis maghrib seperti yasinan bersama itu sebagai formal saja, maka nanti malam tak ulang lagi pukul 03.30 WIB atau setelah Ashar di hari Jumat. Karena itu waktu ijabah,” imbuh Gus Baha.

 

Waktu Ijabah Doa

Di antara waktu ijabahnya doa yang selalu dilakukan Gus Baha adalah sepertiga malam. Umumnya pada waktu tersebut dilakukan shalat tahajud. Doa di sepertiga malam memiliki dalil di Al-Qur’an, tepatnya di surah Al-Isra ayat 79:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: