Iklan dempo dalam berita

Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu

Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu

Perhatikan 5 Penyebab Oli Motor Cepat Habis, Sepele Namun Banyak yang Tidak Tahu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Oli atau pelumas punya peran penting dalam sistem kerja mesin sepeda motor. Selain berfungsi melumasi komponen untuk mengurangi gesekan, juga punya fungsi penting lain agar komponen-komponen bagian dalam mesin bisa terlindungi dan lebih awet.Beberapa fungsi penting tersebut diantaranya :

1. Pendingin

Selain melindungi dari gesekan, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tetap pada suhu ideal. Ketika mesin berada pada suhu ideal, kinerjanya akan lebih sempurna.

2. Membersihkan Komponen

Oli yang bagus mampu membuat komponen mesin tetap bersih terutama dari kotoran sisa pembakaran. Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan atau membawa gram akibat gesekan antar komponen supaya tak menempel pada bagian-bagian penting mesin. Kotoran yang terbawa akan tersaring di saringan oli sehingga oli akan kembali bersih.

BACA JUGA:5 Ide Modifikasi Sepeda Motor Paling Populer, Ada Rancangan Tahun 1920

3. Menghaluskan Suara Mesin

Oli juga punya fungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan akibat gesekan komponen mesin sehingga suara mesin terdengar lebih halus.Jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakai atau karena spesifikasi oli yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

4. Menghindari Korosi

Oli juga memiliki aditif yang berfungsi melindungi komponen dari korosi atau karat. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan korosi.

Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Oli memegang peran penting dalam kinerja dan performa dari motor itu sendiri. Terkadang beberapa pemilik motor mengalami masalah seperti oli pada motor mereka lebih cepat habis daripada motor lainnya yang sejenis. 

BACA JUGA:Nama Sepeda Motor Ini Jawa, Sudah Diproduksi Sebelum Indonesia Merdeka

Tentu hal ini akan mengganggu sang pemilik motor karena dapat mengurangi kinerja mesin dari motornya sendiri dan suara mesin akan menjadi lebih kasar. Berikut adalah beberapa penyebab oli cepat habis:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: