Iklan dempo dalam berita

Hari Santri, Ponpes Pertama Berdiri di Daerah Ini, Sampai Sekarang Banyak Melahirkan Ulama Masyhur

Hari Santri, Ponpes Pertama Berdiri di Daerah Ini, Sampai Sekarang Banyak Melahirkan Ulama Masyhur

Sebelum Indonesia merdeka, pondok pesantren sudah ada--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pondok pesantren dan santri, bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Indonesia. Dua komponen tersebut menjadi bagian penting dalam sejarah berdirinya Indonesia.

Sampai sekarang, Pondok Pesantren tetap eksis dan banyak menjadi pilihan orang tua untuk mendidik anak-anaknya.  

Sejarah perkembangan Islam di Indonesia memang tidak lepas dari peran pondok pesantren. Para ulama zaman dulu mengajarkan agama melalui pendidikan di pondok.

BACA JUGA:5 Cara Mudah Tambah Daya Listrik di Rumah Lewat Kantor PLN, via Online juga Bisa

Pondok pesantren atau terkadang hanya disebut dengan pesantren, merupakan sebuah model khas pendidikan Islam tertua di Indonesia. Pengertian ini merupakan definisi dari Departemen Agama RI, yang diambil dari buku Doktrin dan Pemahaman Keagamaan di Pesantren oleh Syarif Hidayatullah.

Keberadaan pondok pesantren sudah lama berdiri di Indonesia. Bahkan sebelum Indonesia merdeka, pondok pesantren sudah berdiri. Pondok pesantren sudah ada sejak zaman kerajaan Islam di Nusantara.

Kapan Pondok Pesantren Pertama Berdiri?

Literatur mengenai awal mula pendirian pondok pesantren pertama di Indonesia cukup bervariasi. Berbagai sumber menyebutkan waktu yang berbeda-beda mengenai kapan munculnya pondok pesantren pertama di Indonesia.

Masih dari sumber yang sama, pondok pesantren pertama kali muncul di Indonesia pada abad ke-14. Hal ini didasarkan pada Babad Demak, sebuah karya tulis literatur klasik Jawa, yang menyebutkan bahwa pondok pesantren pertama kali tumbuh pada masa Raden Rahmat atau Sunan Ampel. Masa ini berbarengan dengan periode kekuasaan Prabu Kertawijaya Majapahit.

BACA JUGA:Suka Minum Teh Tawar? Ini Lho Manfaatnya, Salah Satu Cegah Penuaan Dini

Sementara itu, Edy Sutrisno menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Model Pengembangan Kurikulum Pesantren di Era Digital, waktu munculnya pondok pesantren pertama di Indonesia adalah sekitar tahun 1062 Masehi di Pamekasan Madura.

Pondok pesantren di Pamekasan Madura itu bernama pesantren Jan Tampes II. Namun hal ini diragukan karena tentunya pondok pesantren Jan Tampes I lah yang lebih tua.

Berbeda dari dua sumber sebelumnya, buku Studi Kritik Pendidikan Kontemporer: Analisis Merdeka Belajar karya Herman menyebutkan bahwa munculnya pondok pesantren pertama di Indonesia adalah sekitar tahun 1359.

Pondok pesantren ini didirikan oleh Syekh Maulana Malik Ibrahim atau biasa dikenal dengan sebutan Syekh Maghribi yang berasal dari Gujarat India. Ia dipercaya sebagai orang yang mendirikan pondok pesantren pertama di pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: